Lima Tip Seru Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris


Sumber: shutterstock.com

Kemajuan teknologi sekarang ini ternyata diikuti dengan adanya kebutuhan belajar bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris. Beberapa ahli mengemukakan bahwa pengajaran bahasa asing, terutama Bahasa Inggris, bisa dimulai sejak dini. Pasalnya, periode emas membuat anak usia dini mudah sekali menyerap informasi baru, termasuk bahasa baru.

Meski demikian, pengajaran Bahasa Inggris bagi anak usia dini haruslah disesuaikan dengan tahap perkembangan. Pada tahap awal, setidaknya anak diharapkan bisa memahami dan menyebutkan kosakata Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Sementara nantinya, anak diharapkan mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris di lingkungan sekitarnya.

Selain itu, penting bagi si kecil untuk belajar Bahasa Inggris secara menyenangkan. Agar belajar Bahasa Inggris menjadi seru, sisipkan pembelajaran dalam kegiatan menarik. Berikut beberapa tip seru belajar Bahasa Inggris sambil bermain:

  1. Tebak kartu huruf dan kartu gambar benda

Salah satu hal utama pembelajaran Bahasa Inggris pada anak usia dini adalah pelafalan (pronunciation). Adanya perbedaan bunyi huruf dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris perlu anak ketahui. Untuk itu, Bunda bisa menunjukkan kartu huruf untuk mengenalkan bunyi huruf tertentu, serta kartu gambar benda untuk menyebutkan contoh nama benda yang diawali dengan huruf tersebut. Adakan pula permainan menebak nama-nama benda yang diawali huruf tertentu.

  1. Membaca nyaring

Saatnya membaca buku! Sediakan buku cerita bergambar atau buku aktivitas berbahasa Inggris. Adakan kegiatan membaca buku bersama-sama, misalnya sebelum tidur. Bacakan buku tersebut dengan suara nyaring dan intonasi yang tepat seraya menunjuk gambar pada buku. Ajak anak mengulangi beberapa kosakata Bahasa Inggris sambil menunjuk gambarnya.

  1. Menyanyi dan menari

Putarlah lagu atau video lagu berbahasa Inggris. Lalu, ajak anak menyebutkan beberapa kosakata dalam lagu. Ajak pula anak menari mengikuti lagu.

  1. Bermain dan berkreasi

Beberapa anak menyukai kegiatan belajar yang terangkai dalam aktivitas fisik. Bila si kecil termasuk salah satunya, ajaklah ia bermain atau berkreasi seraya menggunakan Bahasa Inggris. Misalnya, bermain lempar tangkap bola dengan instruksi Bahasa Inggris, atau berkreasi membentuk wajah sambil menyebutkan kosakata bagian wajah dalam Bahasa Inggris.

  1. Adakan English hour atau English day

Rutinitas menjadi kunci seseorang terbiasa berbahasa Inggris, termasuk anak-anak. Agar tidak lupa dengan kosakata yang telah dipelajari, anak perlu menyebutnya berulang-ulang. Oleh sebab itu, English hour atau English day bisa jadi ide yang menarik. Tentukan jam atau hari yang dikhususkan untuk semua anggota keluarga berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Selain meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa Inggris, kegiatan ini tentunya melatih anak untuk lebih percaya diri.

Itulah lima tip seru belajar bahasa Inggris sambil bermain. Selamat mencoba!