kids play

Asah Kecerdasan Anak Melalui Aktivitas Bermain

kids play

Kegiatan bermain merupakan unsur yang penting bagi perkembangan kepribadian seorang anak. Baik secara fisik, emosi, mental, intelektual, kreativitas, maupun sosialnya. Anak yang mendapat kesempatan yang cukup untuk bermain akan menjadi orang dewasa yang mudah berteman, kreatif, dan cerdas.  Ya, karena bermain bagi anak tidak hanya sekedar untuk mengisi waktu, tapi juga sebagai media bagi anak untuk belajar sekaligus berkembang.

Ketika bermain, anak memiliki kesempatan untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan dan ia pikirkan. Mereka akan bermain dengan menggunakan seluruh emosi, perasaan, dan pikirannya. Jadi, bisa dikatakan bahwa kesenangan juga merupakan salah satu elemen pokok dalam bermain. Anak akan tetap menikmati aktivitas bermainnya selama aktivitas tersebut mampu menghiburnya. Karenanya, dibutuhkan kreativtas dan ide-ide seru agar aktivitas bermain anak tidak membosankan dan monoton, serta menjadi lebih bermakna dan bermanfaat untuk perkembangan anak.

Kini, telah hadir buku Panduan Aktivitas Permainan Tematik Anak Usia Dini dari Erlangga For Kids untuk orang tua ataupun guru PAUD. Dengan buku yang berisi lebih dari 50 kegiatan ini, Orang tua/guru bisa melakukan beragam kegiatan seru dan menyenangkan bersama anak. Aktivitas dan permainan yang ada dalam buku ini juga telah disesuaikan dengan 11 tema pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sesuai dengan permendiknas dan kurikulum 2013. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa aktivitas-aktivitas ini tidak hanya akan mampu mendekatkan hubungan orang tua dan anak, guru dan anak, atau anak dan temannya, tapi juga mampu merangsang imajinasi dan kreativitas anak, serta mengembangkan kecerdasan majemuk anak.

Seperti yang kita tahu, setidaknya ada tujuh kecerdasan yang bisa diasah dan dikembangkan, utamanya pada masa golden age anak. Yaitu kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan linguistik. Pada masa balita (golden age) inilah kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional dan intelegensi anak akan berkembang sangat cepat. Terlebih jika orang dewasa di dekatnya (Orang tua/guru) mampu memberikan rangsangan atau stimulasi yang tepat dan berguna bagi perkembangan potensi anak.

Buku Aktivitas Permainan Tematik Anak Usia Dini dari Erlangga For Kids ini bisa Anda dapatkan di toko-toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *