buku-reasi-boneka-tangan-kertas-jilid-1

Belajar Mendongeng dengan Boneka Tangan Kertas

buku-reasi-boneka-tangan-kertas-jilid-1

Seorang anak akan tumbuh kreatif apabila memperoleh suasana yang aman dan bebas secara psikologis. Aman artinya anak tidak mendapatkan tekanan kejiwaan dalam bentuk penilaian. Dengan kata lain anak diterima sebagaimana adanya dan diterima dengan segala keunikannya. Sedangkan bebas adalah kesempatan untuk dapat mengekspresikan gagasan-gagasan secara simbolik tanpa terlalu banyak hambatan, seperti misalnya bisa melukis bebas, membuat karangan bebas, atau mencipta aneka bentuk dari bahan-bahan yang tersedia.

Kebebasan psikologis ini dapat diciptakan dengan membangun suasana bermain yang dapat melatih dan memberikan kesempatan pada anak untuk menampilkan gagasan-gagasan uniknya secara lancar dan orisinal. Kreativitas seorang anak, selain tampak dari reaksinya yang spontan dan lancar, juga nampak dari gagasan-gagasannya yang unik. Anak-anak yang kreatif sering tampil sebagai anak yang penuh gagasan, selalu ingin tahu, ingin mencoba, berani menghadapi risiko, tidak takut melakukan suatu kesalahan karena ingin memenuhi rasa ingin tahu atau menguji gagasannya.

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengajak anak untuk mendongeng atau bermain peran menggunakan boneka tangan kertas. Dengan mendongeng dan bermain peran ini, anak akan dirangsang untuk mengembangkan daya imajinasi dan pikiran kreatif mereka melalui cerita yang bisa mereka kembangkan sendiri.

Melalui buku Kreasi Boneka Tangan Kertas Binatang Jilid 1 dan 2 dari Erlangga For Kids, kegiatan bermain peran dengan menggunakan boneka tangan kertas menjadi semakin menarik dan berguna bagi tumbuh kembang anak. Karena di sini anak akan terlebih dulu diajak untuk membuat boneka tangan kertas yang akan digunakan sebagai media dalam mendongeng atau bermain peran. Anak akan diajak untuk menggunting dan menempel sesuai dengan langkah-langkah atau petunjuk yang ada. Dengan begitu, motorik halus serta koordinasi antara tangan dan mata anak juga akan terlatih. Selain itu, aktivitas ini juga dapat menciptakan ikatan intim karena menimbulkan interaksi antara orang tua dan anak, serta memantapkan komunikasi sehingga dapat mendorong perkembangan sosial dan emosional anak.

Anda bisa mendapatkan buku Kreasi Boneka Tangan Kertas Binatang Jilid 1 dan 2 dari Erlangga For Kids ini di toko-toko buku terdekat, atau melalui www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *