anak-bermain-diluar

Aktivitas Pintar untuk Anak

anak-bermain-diluar

Periode paling penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita atau yang biasa dikenal dengan sebutan golden age. Karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa inilah yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pada masa balita ini kemampuan berbahasa, kreativitas, sosial, emosional, dan intelegensia berkembang dengan sangat cepat dan merupakan dasar dari perkembangan berikutnya. Tidak hanya itu, perkembangan moral serta dasar-dasar kepribadian juga dibentuk pada masa ini.

Karena itulah, pada masa ini dibutuhkan rangsangan atau stimulasi yang berguna agar potensinya bisa berkembang secara maksimal. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangannya. Untuk mewujudkannya tentu saja orang tua harus selalu memperhatikan, mengawasi, dan merawat anak secara seksama.

Berbicara tentang kebutuhan anak usia dini, tentu erat kaitannya dengan aktivitas bermain. Seperti yang kita tahu bahwa dunia anak hampir tidak bisa dipisahkan dari permainan. Bagi mereka, tidak ada tempat yang tidak bisa dijadikan sebagai tempat bermain, entah itu indoor ataupun outdoor. Melalui permainan ini pula anak-anak akan berkembang untuk menemukan dan mengembangkan potensi dirinya. Mereka akan belajar taktik, strategi, kekuatan fisik, kemampuan berbahasa, bersosialisasi dan berlatih ketahanan mental. Ya, sebagian besar waktu dalam tahun-tahun pertama kehidupan anak dihabiskan untuk kegiatan yang satu ini.

Melalui pengalaman dan pengetahuan yang didapat anak melalui aktivitas bermain itu pulalah akal dan otak anak akan berkembang. Anak yang jarang diajak bermain perkembangan otaknya 20% atau 30% lebih kecil daripada ukuran normal anak-anak seusianya. Nah, mengingat betapa pentingnya aktivitas bermain bagi tumbuh kembang anak, tentu kita sebagai orang tua tidak hanya bertugas untuk mengawasi anak bermain. Melainkan juga harus mampu menciptakan aktivitas-aktivitas bermain yang tidak hanya menyenangkan bagi anak, tapi juga mampu mengasah kreativitas dan kecerdasan anak.

Kini, Ayah dan Bunda tidak perlu bingung, karena telah ada buku Panduan Aktivitas Permainan Tematik Anak Usia Dini dari Erlangga For Kids yang bisa membantu menciptakan aktivitas bermain yang seru dan menyenangkan bagi anak. Tersedia sekitar 50 ide kegiatan bermain yang telah disesuaikan dengan 11 tema pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sesuai dengan permendiknas dan kurikulum 2013. Jadi, sudah bisa dipastikan, aktivitas-aktivitas ini tidak hanya akan mampu mendekatkan hubungan antara orang tua-anak, tapi juga mampu merangsang imajinasi dan kreativitas anak, serta mengembangkan kecerdasan majemuk anak.

Ayah Bunda bisa mendapatkan buku Panduan Aktivitas Permainan Tematik Anak Usia Dini dari Erlangga For Kids ini di toko-toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *