kelompok bermain anak

Manfaat Bercerita Sambil Akting

70020832tipskesehatanuntukanakanak2

Untuk mengasah kreativitas dan imajinasi anak melalui buku bacaan cerita, orang tua bisa memanfaatkan dialog yang ada di buku cerita menjadi sebuah pertunjukan yang bisa sekeluarga perankan saat weekend di rumah. Hal ini selain dapat mengasah kreativitas dan imajinasi, juga dapat membangun percaya diri si buah hati.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan dan memilih buku cerita yang anak Anda tahu ceritanya. Misalnya pilihlah cerita Cinderella. Dengan mengetahui jalan cerita, anak akan mudah bereksplorasi sehingga cerita menjadi semakin menarik.

Setelah itu, bagilah tokoh-tokoh yang akan diperankan. Usahakan anak Anda menjadi tokoh utama agar ia lebih sering tampil pada cerita. Anda dapat mengambil peran ibu peri dan anggota keluarga lain bisa mengambil peran tokoh lainnya. Kemudian, buatlah aksesori tambahan sederhana seperti tongkat untuk ibu peri, mahkota pangeran, dan baju pesta untuk Cinderella. Membuat aksesori bersama ini dapat mengasah anak anda agar lebih kreatif. Kemudian, bacalah bersama dialog dalam buku untuk mengingat dan menentukan plot cerita sederhana yang ingin diangkat. Bumbui cerita dengan hal-hal lucu dan berbeda dari cerita asli. Setelah semua persiapan beres, mulailah pertunjukan akting dengan merekamnya di gadget Anda. Selain mengasah kreativitas, kegiatan bercerita sambil berakting bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sekaligus menanamkan nilai positif dari sebuah bahan bacaan anak. Selamat mencoba.

Sumber gambar : www.indotopinfo.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *