anak belajar

Trik Ajari Membaca Anak Usia Preschool

209561040001read

Mengajari anak terampil membaca tak selalu harus dilakukan oleh guru di sekolah. Anda sebagai orang tua juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut, beberapa tips yang bisa membantu orang tua dalam mengajarkan baca yang tepat kepada anak.

1. Metode Fonik

Dalam metode fonik, anak tidak akan lagi diajarkan nama-nama huruf. Sebagai contoh dalam metode fonik, huruf “s” akan langsung diperkenalkan sebagai “ss” dan variasi dasarnya akan berbunyi “sa”, “si”, “su”,”se”, dan “so”. Dengan begini, anak akan lebih cepat terbiasa dalam membunyikan bentuk-bentuk rangkaian huruf pada kata.

2. Bahan Bacaan Menarik

Referensi bacaan dengan gambar karakter yang familiar dengan anak sangat dianjurkan dalam proses mengajarkan keterampilan membaca pada anak. Beragam bahan bacaan bergambar bisa Anda akses disini

3. Menunjuk

Bacakanlah setiap kata dengan pelafalan yang jelas. Selain itu, biasakan menujuk huruf sambil membunyikannya. Kemampuan visual anak, akan merekam hal tersebut lebih baik pada otaknya.

4. Stop Sebelum Anak Bosan !

Satu hal yang perlu diingat! Pembelajaran membaca ini harus Anda ciptakan senyaman mungkin bagi anak. Bila Anak terlihat sudah tidak berantusias, hentikan pembelajaran pada saat itu dan lanjutkan di lain waktu.

Sumber gambar : www.sheknows.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *