Yuk, Ajak si Kecil Bermain Warna!


Sumber: shutterstock.com

Tahukah, Bunda, mengenalkan berbagai warna kepada anak usia dini bermanfaat untuk tumbuh kembangnya, loh!

Salah satu manfaat tersebut adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak. Adapun pengenalan terhadap warna sudah bisa dilakukan bahkan sejak anak masih bayi. Pada usia baru lahir (newborn), bayi sudah bisa dikenalkan dengan warna kontras hitam dan putih melalui buku atau benda yang dilihatnya. Memasuki usia 2 tahun, anak bisa dikenalkan dengan warna-warna dasar, yaitu merah, kuning, dan biru. Sementara di usia yang lebih besar, anak bisa dikenalkan dengan warna yang lebih beragam, misalnya warna-warna turunan seperti oranye, hijau, dan ungu, ataupun warna-warna pastel seperti merah muda, biru muda, dan hijau muda.

Agar pengenalan terhadap warna menjadi menyenangkan, Bunda bisa mengajak anak-anak belajar aneka warna sambil bermain. Berikut beberapa caranya.

  1. Menunjuk dan menyebutkan warna-warna alam

Ajaklah anak ke taman atau ruang terbuka. Kenalkan warna-warna alam yang terlihat. Misalnya, warna dedaunan, aneka bunga, bebatuan, serta warna langit. Bunda dapat juga menyediakan sayur dan buah aneka warna, lalu mengenalkan warna-warnanya.

  1. Bermain cat air

Bermain cat air sangat menyenangkan bagi anak-anak. Sediakan kertas atau kain putih. Biarkan anak menggambar dan mewarnai sesuai kreasinya. Selain menggunakan kuas, anak-anak juga boleh menggunakan jari-jemarinya untuk menggambar (finger painting). Jangan lupa, sambil menemani si kecil bermain cat air, Bunda bisa menanyakan atau meminta anak menunjukkan warna tertentu.

  1. Melakukan percobaan mencampur warna

Ayo bereksperimen! Sediakan beberapa gelas berisi air, serta pewarna makanan dengan warna dasar merah, kuning, dan biru. Ajak anak meneteskan setiap pewarna ke dalam satu gelas. Kemudian, minta anak melakukan percobaan membuat warna baru dari campuran warna-warna dasar yang ada.

  1. Melempar bola warna-warni

Sediakan bola plastik aneka warna, serta beberapa wadah, seperti ember atau keranjang, yang ditempeli kertas warna sesuai warna-warna pada bola. Letakkan wadah dengan jarak tertentu. Lalu, ajak anak melemparkan bola plastik ke arah wadah bertanda warna yang sama. Selain mengenalkan warna, kegiatan ini juga mentimulasi motorik kasar anak, loh.

  1. Mengelompokkan mainan sesuai warna

Saatnya membuka kotak mainan. Sediakan karton, kertas, ataupun kartu aneka warna sebagai panduan. Letakkan panduan warna tersebut di lantai. Lalu, ajak anak mengumpulkan mainan sesuai warna panduan. Agar kegiatan jadi lebih seru, Bunda bisa menetapkan  waktu untuk anak-anak mengumpulkan mainan. Saat waktu habis, hitunglah bersama-sama berapa banyak mainan dengan warna tertentu yang berhasil terkumpul. Jangan lupa berikan apresiasi atas usaha yang sudah anak-anak lakukan, ya.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil. Selamat mencoba!