Akhir Pekan? Saatnya Family Time #DiRumahSaja


Sumber: shutterstock.com

Setuju kalau masa pandemi membuat kita menghabiskan nyaris sepanjang waktu di rumah? Meski setiap hari berada di rumah bersama anak-anak, bukan berarti kita mengabaikan makna pentingnya family time bersama mereka. Pasalnya, selama lima hari dalam seminggu, orang tua tetap menjalani rutinitas bekerja dari rumah. Pun dengan dengan anak-anak yang tetap bersekolah.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda membuat akhir pekan yang terasa sedikit berbeda agar anak-anak merasa tetap terhubung erat dengan orang tuanya. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama meski di rumah saja. Berikut di antaranya.

  1. Berkemah

Dirikanlah tenda di halaman atau ruangan lain. Bila tak memiliki tenda, Anda dapat merancangnya menggunakan benda-benda yang ada di rumah, misalnya dengan mengikatkan tali ke dua kursi yang diletakkan berjauhan, lalu bentangkan seprai di atas tali sebagai atapnya. Ciptakan kegiatan seru di dalam tenda, seperti membaca buku atau memainkan mainan kesukaan anak bersama-sama.

  1. Membuat menu sederhana

Masak-memasak selalu jadi kegiatan seru bagi anak. Pilihlah menu yang tak perlu menggunakan nyala api untuk mengolahnya. Beberapa pilihan menu yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan si kecil antara lain membuat sate buah dan marshmallow, salad buah, kue biscuit cokelat, juga es krim kemasan.

  1. Berburu harta karun

Ajaklah anak bermain peran sebagai bajak laut. Siapkan kostum sederhana yang membuatnya seolah-olah menjadi bajak laut sungguhan, seperti penutup mata dan topi khas bajak laut. Siapkan benda-benda yang anak anggap berharga, misalnya boneka atau mobil-mobilan kesukaannya, lalu sembunyikan di beberapa tempat. Anda dapat pula menggambarkan denah rumah dan memberi tanda di mana keberadaan harta karun. Jadikan pencarian harta karun sebagai misi besar yang harus dituntaskan.

  1. Berkreasi

Akhir pekan bisa menjadi saat yang tepat bagi orang tua dan anak membuat prakarya yang sedikit berbeda bersama-sama. Beberapa pilihan prakarya yang bisa dibuat antara lain kreasi rumah kardus, mengolah atau mencetak tanah liat, atau melukis pot tanaman.

  1. Pesta kebun

Ajak anak merancang pesta kebun bersama-sama. Anda dapat menyiapkan berbagai perlengkapan, seperti tikar atau meja taman, serta aneka makanan dan minuman. Anda dapat pula menugaskan anak untuk membuat roti lapis dan membuat minuman manis.

Itulah lima pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil untuk mengisi akhir pekan. Jangan lupa, kehadiran Anda secara utuh di hadapan anak-anak tetaplah jadi yang utama.