Mengapa Bisa Terjadi Hujan ?


terjadi-hujan

Ketika anak mulai memasuki tahun ketiga usianya, mereka akan cenderung lebih peka terhadap lingkungan, apalagi jika itu berkenaan dengan kepentingan mereka. Mereka telah paham bahwa jika hujan, mereka tidak bisa bermain di luar. Maka tidak heran jika pada usia ini akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti, “Mama, Kok bisa turun hujan, Adik kan mau main?”, “Papa, Kenapa langitnya gelap kalo mau turun hujan ? Ada petir juga” atau pertanyaan lainnya.

Selama ini anak umumnya mengenal konsep tentang hujan secara sederhana, sesederhana lagu tik-tik-tik bunyi hujan atau pelangi-pelangi. Namun, ketika mereka telah kritis dan peka terhadap proses alam, tentu kita sebagai orang tua tidak bisa asal menjawab. Karena bagi mereka, itu adalah sebuah misteri yang harus dikuak. Di sinilah orang tua dituntut untuk memperkaya pengetahuan agar lebih mudah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis mereka.

Saat-saat seperti ini adalah waktu yang tepat bagi orang tua untuk mengenalkan anak pada proses perubahan cuaca. Dengan buku See Inside – Iklim dan Cuaca, orang tua bisa menjelaskan tentang konsep panas yang berasal dari cahaya matahari, hingga pada proses terjadinya hujan. Hujan bisa terjadi karena air laut yang menguap karena panas dari matahari, lalu awan akan menjadi gelap karena di dalamnya berisi air. Karena airnya semakin banyak dan semakin berat, lalu air tersebut jatuh sebagai hujan. Tidak saja tentang hujan, dalam buku ini juga dijelaskan tentang konsep angin, petir, awan, dan segala hal yang berhubungan dengan cuaca dan iklim.

Disertai dengan gambar ilustrasi dan bahasa yang sederhana, buku ini memang dirancang untuk membantu para orang tua mengenalkan konsep cuaca dan iklim pada anak usia dini. Damping anak dan berilah penjelasan secara sederhana dan mudah dipahami agar kemampuan berpikir anak dalam menyerap peristiwa-peristiwa alam dan ilmiah dapat berkembang dengan maksimal.

Anda bisa mendapatkan buku See Inside – Iklim dan Cuaca dari Erlangga For Kids di toko-toko buku terdekat atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.