sains

Belajar Sains, Yuk!

sains

Belajar sains seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi seseorang, terlebih bagi anak usia dini. Padahal, sains sendiri merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang obyek alam yang berada di sekitar anak, atau bahkan sering menjadi perhatian si anak. Seperti air, udara, bunyi, api, tanah, tumbuhan, hewan, dan bahkan dirinya sendiri. Peristiwa-peristiwa seperti hewan yang beranak, tumbuhan yang berbuah, terjadinya hujan, angin, petir, kebakaran adalah contoh-contoh gejala alam yang bisa dijadikan langkah awal untuk memantik daya tarik anak terhadap dunia sains.

Menurut Piaget, perkembangan kognitif anak usia dini berada pada tahap cara berpikir konkret yang berpijak pada pengalaman akan benda-benda konkret. Pada tahap ini cara belajar terbaik bagi anak adalah melalui kehadiran benda-benda. Anak dapat belajar mengingat benda-benda, jumlah, dan bahkan ciri-cirinya meskipun bendanya sudah tidak berada di hadapannya. Obyek permanen sudah berkembang di sinaps otaknya. Misalnya, setelah melihat mobil, anak dapat mengingat warnanya, banyaknya roda, atau ciri lainnya. Anak juga seharusnya mulai dilatih agar mampu menghubungkan sebab-akibat yang tampak secara langsung. Seperti ketika mereka melihat awan yang hitam, mereka sudah bisa memprediksi bahwa sebentar lagi akan turun hujan. Eksplorasi anak dengan menggunakan lima inderanya akan menghasilkan sebuah pengetahuan baru bagi mereka.

Karenanya, kita sebagai orang tua diharapkan bisa meluangkan sedikit waktu untuk belajar dan bermain sains dengan anak. Kita harus mampu membangkitkan serta mengembangkan rasa ingin tahu anak untuk belajar tentang benda-benda serta gejala-gejala alam yang ada di sekitarnya.

Buku Sains Bergambar Junior dari Erlangga For Kids ini disusun untuk memperkaya wawasan, pengetahuan, dan kesadaran anak seputar sains. Dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik akan memudahkan anak untuk memahami obyek yang sesungguhnya. Dalam buku ini juga terdapat percobaan sains yang dikemas dalam praktik unik dan permainan asyik. Dalam melakukan percobaan tersebut, diharapkan guru dan orang tua mampu memberikan bimbingan dan arahan dengan cara menjelaskan hal-hal detail yang belum anak pahami, membantu menyediakan alat praktik dan bermain, mengawasi jalannya percobaan, dan membantu mereka untuk mendapatkan kesimpulan atau jawaban dari percobaan atau eksperimen yang dilakukan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera dapatkan buku Sains Bergambar Junior ini di toko-toko buku terdekat atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *