buku kokoru

Mengenalkan Kreasi Kertas Kokoru Pada Anak

5861870311419215160657268628228681121176n

Kreativitas anak sangat dibutuhkan untuk mengembangkan daya pikirnya. Banyak sekali permainan yang mengandalkan kreativitas anak, diantaranya adalah kreasi kertas Kokoru. Kokoru merupakan singkatan dari Color Corrugated Paper, merupakan merek kertas berwarna dengan tekstur bergelombang buatan Asia Pulp & Paper Group (APP).

Permainan menggulung kertas Kokoru adalah keterampilan yang menggunakan kertas Kokoru sebagai bahan pokok dan bahan pelengkap lainnya seperti lem tembak, mata boneka, plastic box dan gunting. Permainan menggulung kertas Kokoru ini dapat dilakukan anak-anak mulai dari usia paling kecil yaitu 4 tahun hingga dewasa. Teknik yang digunakan dalam art ini lebih banyak pada proses menggulung kertas Kokoru, menyusun, hingga membuat bentuk yang kita inginkan.

Meski kelihatannya sederhana, proses menggulung Kokoru menjadi bentuk menarik membutuhkan daya kreativitas yang tinggi. Ketelitian, penggulungan, pengguntingan, dan penempelan kertas pun menjadi penting agar hasilnya sesuai dengan apa yang diimajinasikan. Di tangan mereka yang kreatif, kertas Kokoru disulap menjadi berbagai macam produk keterampilan menarik. Oleh karena itu, mengutak-atik kertas Kokoru juga bisa dijadikan sebagai sarana melatih otak kanan.

Permainan ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi aspek perkembangan anak usia dini. Salah satunya adalah mengembangkan kemampuan kognitif. Melalui permainan ini anak akan berpikir dan berimajinasi tentang apa yang bisa dia bentuk dengan kertas lurus; seperti apa bentuknya, dan warna apa yang akan dipilih. Pengembangan imajinasi secara tidak langsung ini akan mengembangkan cara berpikir anak dalam pemecahan sebuah masalah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *