anak dan ibu

Ajari Makna Kurban pada Anak Sejak Dini

92181798anakpuasa1Menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Idul Adha pada anak sejak dini amatlah penting. Diharapkan ke depannya anak dapat memahami dan juga mengamalkan ibadah secara baik dan benar. Selain itu, pemahaman akan makna kurban juga dapat memberikan nilai-nilai sosial bermasyarakat kepada anak.

Makna yang wajib dipahami anak akan berkurban di antaranya ialah ketaatan sebagai hamba Tuhan atas perintah Tuhannya. Semua harta termasuk hewan ternak yang kita miliki pada hakikatnya hanyalah titipan belaka dan segala sesuatunya kembali kepada Allah SWT. Makna selanjutnya ialah, mengajarkan anak untuk senantiasa berbagi kepada sesama. Membantu siapa saja yang membutuhkan dan tidak pelit akan rejeki yang telah diberikan oleh Allah SWT. Memberikan pemahaman kepada anak sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan penuh kasih sayang, sehingga anak dapat menerima dengan senang hati dan pesan tersebut bisa diterima dengan baik.

Selain itu, menanamkan esensi perayaan Idul Adha pada anak pun bisa dilakukan melalui buku cerita yang menarik seperti buku terbitan Erlangga for Kids yang berjudul “Idul Adha Pertamaku”. Klik di sini untuk informasi lengkap buku.

Sumber gambar: www.sabilillah.or.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *