Buah Dan Sayuran Mentah Untuk Anak? Tidak Masalah


Masih banyak orang tua yang gelisah karena anaknya tidak mau makan buah atau sayuran. Padahal, buah atau sayuran sangat penting bagi auspan gizi anak. Selain asupan gizi, buah dan sayuran juga dapat memperlancar pencernaan anak. American Academy of Pediatrics merekomendasikan anak-anak mendapatkan setidaknya 2-3 porsi buah dan sayuran setiap hari. Selain makanan seimbang, anak juga perlu makanan ringan atau camilan. Kita bisa menyajikan buah atau sayuran sebagai makanan ringan untuk meningkatkan asupan gizi anak. Terlebih jika buah atau sayuran tersebut belum diolah alias mentah karena kandungan gizi di dalamnya yang masih terbilang utuh. Makanan ringan ini juga merupakan pilihan bagus bagi anak-anak yang aktif, karena makanan ringan tersebut mengandung vitamin dan antioksidan. Banyak juga buah dan sayuran yang memiliki kadar air tinggi untuk membantu anak tetap terhidrasi.

Makanan Ringan dari Sayuran Mentah

Sajikan sayuran mentah atau kita bisa mengukusnya terlebih dahulu sebelum anak mulai menikmati makanan utamanya atau sebagai camilan. Tambahkan saus tomat, mayonnaise atau saus thousand island agar lebih terasa nikmat. Beberapa sayuran ini cenderung menjadi favorit anak-anak, seperti wortel, kacang polong, kacang panjang, mentimun, tomat ceri, atau keripik sayuran (seperti ubi atau kangkung) buatan sendiri. Kita juga bisa membuat sayuran lebih menarik bagi anak-anak dengan memotongnya menjadi bentuk yang menyenangkan. Cobalah menyajikannya dengan cara baru yang kreatif, seperti dibungkus dalam wadah atau cangkir yang lucu. Atau buatlah dari wortel dan membuat sup dari sayut yang telah dihaluskan.

Makanan Ringan Dengan Buah Utuh

Buah yang manis dan penuh warna biasanya sangat disukai anak-anak. Padukan dengan camilan protein atau saus yang dibuat dengan susu kental manis atau yogurt rendah lemak, atau keju krim, untuk meningkatkan nilai gizi dan membuat camilan lebih mengenyangkan. Kita bisa menyajikan buah segar seperti apel, anggur, pir, jeruk, melon, kiwi, nanas, dan mangga secara utuh, atau campur menjadi salad, atau potong kecil-kecil lalu tusuk dengan tusuk sate dan tambahkan saus cokelat. Kita juga bisa membuat sop atau es setup buah.

Sebagai orang tua, kita juga perlu berhati-hati pada anak balita. Potongan besar yang keras, mentah, buah-buahan dan sayuran bisa mengakibatkan mereka tersedak. Potong kecil-kecil atau kukus sebentar agar buah atau sayuran menjadi sedikit lembut. Kita juga harus memastikan bahwa buah atau sayuran disajikan dengan suhu yang dingin agar lebih segar saat memakannya.

(Safira)