Salwa Si Owa Jawa

Teman-teman, yuk, berkenalan dengan Salwa si owa jawa (Hylobates moloch). Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu owa jawa? Ini adalah hewan primate sejenis kera tepatnya kera keci yang hanya dapat ditemukan di pulau Jawa.

Owa jawa bukan monyet, lho. Monyet dalam bahasa Inggris disebut monkey, sementara kera disebut ape. Dari namanya saja, sudah ketahuan kalau berbeda, bukan? Nah, owa jawa adalah hewan primate yang masuk dalam keluarga kera. Dalam bahasa Inggris, owa jawa dikenal sebagai silvery gibbon.

Bercerita Lewat Buku Harian

“Buku Harian Salwa, si Owa Jawa” yang ditulis oleh Rahayu Oktaviani merupakan bagian dari seri Aku Cinta Satwa Indonesia. Kita diajak bersahabat dengan Salwa, seekor owa jawa betina yang masih muda.

Melalui buku hariannya, salwa bercerita apa yang ia alami, ketahui, dan amati. Satu hari, ia bercerita bagaimana ciri-ciri fisik kaumnya, yakni tidak memiliki ekor, suka bergelantungan dan berlompatan di pepohonan, suka makan buah, dan berukuran lebih kecil dibandingkan orang utan atau gorilla.

Di hari lain, ia berbagi pengalaman saat bertemu dengan elang jawa. Bagaimana ibu menyuruhnya untuk turun ke dahan yang lebih rendah karena elang jawa suka memangsa owa jawa, terutama yang masih muda. Atau pengalaman saat ia bertemu dengan teman yang menyenangkan, seperti lutung.

Lain waktu lagi, Salwa bercerita tentang kerabat owa dari Sumatera dan Kalimantan, seperti siamang, bilou, dan ungko.

Belajar Mencintai Satwa

Buku dengan ilustrasi bergambar ini sangat menarik. Pembaca akan digiring pada kehidupan owa jawa dengan cara menyenangkan. Buku ini mengajak kita untuk lebih peduli pada binatang langka seperti owa jawa, yang kian hari semakin sedikit jumlahnya disebabkan perburuan liar atau penjualan illegal sebagai hewan peliharaan. Sebagai sumber pengetahuan sekaligus buku cerita, buku ini layak banget untuk dibaca, Kids!

JUDUL BUKU : Buku Harian Salwa, si Owa Jawa

HALAMAN : 26 Halaman

Warna : Full Colour

PENULIS : Rahayu Oktaviani

ILUSTRATOR : Aldriana

PENERBIT : Erlangga for Kids

HARGA : Rp 48.000

SUMBER : Majalah Just for Kids

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *