Perlukah Mengenalkan Anak dengan Finger Painting?


Kreasi Seru Jari Tangan

Finger Painting semakin populer sebagai salah satu aktivitas yang mampu mengasah kreativitas dan saraf motorik halus anak. Secara sederhana, Finger painting dapat diartikan sebagai teknik melukis atau mengoleskan cat pada kertas basah dengan jari dan tangan. Melalui aktivitas melukis dengan jari ini, jari dan tangan anak akan banyak bergerak dan bergesekan dengan cat dan media lukis lainnya. Karena pada ujung-ujung jari tangan anak terdapat sensor yang berhubungan dengan otak, maka kegiatan ini akan mampu merangsang saraf motorik halus anak.

Selain itu, dengan aktivitas ini daya imajinasi dan kreativitas anak juga akan meningkat. Karena di sini anak akan dikenalkan dengan keindahan warna dan bentuk. Anak tidak hanya akan mengenal warna-warna primer, namun lebih jauh dari itu, mereka akan diajak untuk bereksperimen tentang warna hingga mereka mampu mengenal warna-warna sekunder. Di sini anak juga bebas untuk memilih warna-warna yang disukainya atau yang mampu menuangkan ekspresi jiwanya.

Ya, aktivitas finger painting memang kaya manfaat bagi perkembangan anak. Tapi, jika Anda masih ragu untuk mengenalkan anak dengan “cat” –karena khawatir akan berbahaya bagi anak usia dini-, Anda bisa terlebih dulu mengenalkan mereka dengan aktivitas seru lainnya yang juga melibatkan jari-jari tangan mereka. Seperti mengajak mereka untuk menjiplak tangan dan jari-jari mereka hingga bisa membentuk sebuah gambar yang menarik. Lalu, ketika gambar tersebut telah selesai, bisa diwarnai menggunakan krayon atau pensil warna. Melalui aktivitas ini, Anda bisa mendapat beragam manfaat seperti halnya pada finger painting. Yaitu, melatih anak untuk berimajinasi dan menjadi kreatif, melatih saraf motorik halus anak, mengajarkan anak tentang bentuk dan warna, serta melatih koordinasi antara tangan dan mata.

Kini, telah hadir Buku Kreasi Seru Jari Tangan dari Erlangga For Kids, yang cocok untuk menemani Anda dalam mendampingi anak berlatih dan merangsang imajinasi dan kreativitasnya. Berisi berbagai ide kreatif kegiatan menjiplak tangan, jari-jari tangan, ataupun kepalan tangan hingga menjadi berbagai bentuk gambar yang menarik menjadikan aktivitas ini sebagai pengantar yang pas sebelum Anda mengenalkan finger painting bagi anak.

Anda bisa mendapatkan buku Kreasi Seru Jari Tangan dari Erlangga For Kids ini di toko-toko buku terdekat, atau melalui www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online. Jadi, Tunggu apalagi?