main-kuda2an

Liburan di Rumah Boleh Juga

main-kuda2an

Banyak orang beranggapan bahwa liburan juga menjadi momen untuk menghabiskan uang. Ya, musim liburan memang identik dengan kata “boros”. Terlepas dari segala manfaat yang bisa kita dapatkan dari liburan, kenyataan bahwa liburan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Baru beberapa hari saja menikmati liburan, tabungan sudah terkuras habis.

Bagi kita yang pada liburan kali ini harus menikmati masa liburan di rumah, mungkin akan sedikit bingung tentang kegiatan apa yang bisa dilakukan oleh anak selama masa liburannya. Kita tentu ingin mereka memiliki kegiatan liburan yang menyenangkan dan bermanfaat meski hanya berada di rumah. Tapi, kegiatan seperti apa ya?

Mengisi liburan anak memang tidak harus pergi ke tempat wisata atau mall. Banyak kegiatan yang bisa kita dan keluarga lakukan selama musim liburan. Seperti ide-ide inspiratif pengisi waktu liburan anak di bawah ini:

  1. Bermain sambil Menata Ulang
    Ajak anak untuk bemain sambil merapikan ruangan. Ajarkan si kecil untuk mengelompokkan mainan sesuai jenisnya. Kemudian pilih dan pilah mana mainan atau barang yang harus dibuang, harus didonasikan, atau harus dia simpan. Dengan cara ini, bisa jadi anak akan kembali menemukan mainan lamanya yang sudah tertumpuk oleh mainan lain, dan seolah kembali mempunyai mainan baru. Melalui aktivitas ini selain anak akan berlatih cara merapikan dan menata ruangan, anak akan belajar untuk lebih menghargai barang-barang miliknya sendiri.
  2. Bermain dengan Hewan peliharaan
    Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, seperti kucing atau kelinci, liburan anak bisa Anda isi salah satunya dengan mengajak anak mengenal lebih dekat hewan peliharaannya. Ajak anak untuk bermain dan belajar cara merawat hewan peliharaan. Seperti cara memberinya makan, cara memandikannya, cara membersihkan kandang, serta cara merawat kesehatannya. Melalui aktivitas-aktivitas ini anak akan belajar tentang kasih sayang terhadap sesama makhluk. Serta belajar untuk bertanggung jawab.
  3. Belajar membuat kue
    Selama ini anak hanya menikmati kue tanpa mengerti cara dan proses pembuatannya. Nah, pada liburan kali ini tidak ada salahnya jika Bunda juga mengajak anak –baik perempuan ataupun laki-laki- untuk mempraktikkan cara membuat kue kesukaan anak langsung di dapur. Dengan kegiatan seperti ini, selain anak bisa menyantap kue hasil buatannya sendiri, serta melatih keterampilan motorik halus dan kasarnya, kegiatan ini juga menjadikan kualitas hubungan orang tua dan anak menjadi semakin hangat.
  4. Belajar sesuatu yang baru
    Mumpung anak memiliki banyak waktu luang, ajak anak untuk belajar hal-hal baru. Seperti belajar naik sepeda, belajar berenang, belajar main sepatu roda, atau belajar hal-hal baru lainnya. Dijamin, masa liburan anak tidak akan membosankan karena sudah menjadi naluri anak untuk menyenangi suatu hal yang baru baginya.

Meski di rumah, liburan akan tetap asyik dan menyenangkan, bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *