anak belajar

Menumbuhkan Cinta Membaca

92448344anakbelajar

Membaca merupakan sumber pengetahuan. Manfaat dari membaca banyak sekali salah satunya adalah bertambahnya pengetahuan kita. Di samping itu, membaca juga menjadi salah satu alat jitu untuk menghilangkan stres anak atau paling tidak rasa jenuh setelah sekian hari bergelut dengan dunia sekolah. Dengan membaca, rasa jenuh, letih atau tekanan-tekanan yang membuat otak bekerja ekstra seolah lenyap oleh ramuan membaca.

Sebuah realita memperlihatkan bahwa tradisi membaca di kalangan masyarakat Indonesia hingga saat ini masih tergolong rendah, terutama untuk masyarakat Indonesia dengan pendidikan rendah. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, sudah saatnya kita sadar untuk menumbuhkan budaya cinta membaca yang dimulai dari diri sendiri.

Membaca sebenarnya merupakan aktivitas mudah, namun untuk meluangkan waktu melakukannya sangatlah sulit. Nah berikut ini adalah tips untuk menumbuhkan rasa cinta membaca :

  • Mengubah paradigma (cara pandang) kita dalam memandang buku
  • Membaca sambil makan makanan ringan atau dalam istilah “ngemil” supaya pikiran tetap rileks dengan isi bacaan
  • Jadikan diri Anda (orang tua) contoh untuk anak
  • Memilih buku favorit anak
  • Bacakan dongeng atau cerita jika anak masih balita
  • Pancing beberapa pertanyaan dengan buku yang anak baca

Sekarang Anda bisa menumbuhkan cinta membaca anak dengan strategi di atas. Aktivitas membaca tentu akan semakin asyik dengan jadwal jalan-jalan ke toko buku untuk berbelanja buku, minimal sebulan sekali. Beragam referensi buku anak bisa Anda temukan di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *