Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Mengajarkan Lingkungan Sehat pada Anak


Sumber: Pixabay

Mengajarkan arti kebersihan pada anak sedini mungkin itu sangat penting. Bahkan mengajarkan segela hal tentang kebersihan merupakan bagian dari gaya pengasuhan. Biasanya, anak cenderung gemar bermain ‘kotor-kotoran’ seperti bermain pasir ataupun lumpur.

Nah, apabila Anda tidak mengajari anak Anda akan kebersihan, anak Anda kemungkinan gampang jatuh sakit sebab banyak kuman dan bakteri yang bersarang pada si kecil.

Lagipula, banyak manfaat yang bisa Anda ambil jika mengajari kebersihan pada anak sejak dini.

Lantas bagaimana cara mengajarkan tentang pentingnya kebersihan lingkungan pada anak? Simak ulasannya.

  1. Ajarkan Tentang Refleksi Diri

Untuk tahap awal, yang harus dilakukan adalah memberi pemahaman pada anak pola kehidupan sehari-hari. Bahwa kebersihan ada sangkut pautnya dengan kesehatan. anda bisa mulai dari hal kecil dulu seperti memberi tahu akan pentingnya mandi dua kali sehari, menyikat gigi, mencuci tangan sebelum makan, dan lain sebagainya. Dengan begitu mereka paham akan menjaga kebersihan pada dirinya agar memiliki tubuh.

  1. Ajarkan Buang Sampah pada Tempatnya

Mengajarkan anak untuk cinta lingkungan bisa dimulai dengan ajarkan ia agar tidak buang sampah sembarangan. Anda bisa jelaskan secara sederhana tentang membuang sampah pada tempatnya. Supaya si kecil lebih mengerti, beri konsep reduce, reuce, dan recyle. Fungsinya agar mereka tahu cara tepat dalam mengurangi sampah yang dihasilkan dan mana sampah yang bisa daur ulang.

  1. Ajarkan Pentingnya Selalu Membersihkan Kamar

Kebiasaan untuk cinta pada lingkungan bisa dari cara-cara sederhana, salah satunya mengajarkan si Kecil menjaga kebersihan kamarnya. Dengan membimbing anak untuk menempatkan barang-barang atau mainannya sesuai pada tempatnya dan mengajarkan agar selalu menjaga kebersihan maupun kerapian kamar dengan begitu ia akan merasa nyaman.

  1. Ikut Sertakan Anak dalam Membersihkan Rumah

Kebiasaan untuk cinta pada lingkungan bisa dari cara-cara sederhana, salah satunya mengajarkan si Kecil menjaga kebersihan kamarnya. Dengan membimbing anak untuk menempatkan barang-barang atau mainannya sesuai pada tempatnya dan mengajarkan agar selalu menjaga kebersihan maupun kerapian kamar.

  1. Ajak Anak ke Alam Bebas

Ajak anak-anak pergi ke alam bebas yang masih asri dan bebas polusi seperti daerah pegunungan atau pantai yang masih bersih. Biarkan ia tahu menikmati alam bebas dan menghirup udara yang segar tanpa asap kendaraan maupun asap rokok. Ajarkan si kecil untuk menjaga selalu pentingnya alam dan dampak dari perusakan alam.