Pentingnya Edukasi Finansial pada Anak Sejak Dini, Banyak Manfaatnya!


Sumber: Pixabay

Semua orang pasti ingin anaknya tidak sengsara di masa depan. Karena itu, mendidik anak belajar keuangan merupakan salah satu langkah penting untuk mempersiapkan masa depan mereka. Orang tua wajib membekali anak tentang cara mengatur keuangan sejak dini.

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pendidikan pengelolaan keuangan keluarga dan kebiasaan pengeluaran memiliki hubungan positif dengan literasi finansial anak.

Perencana Keuangan, Annisa Sagita mengatakan bahwa pendidikan finansial merupakan salah satu hal terpenting untuk membentuk karakter si kecil.

“Kira-kira anak sebelum TK umur 3-5 tahun, mereka udah bisa kan ya, mengamati orang tuanya seperti apa sehari-hari. Itu sudah bisa diajarkan. Misalnya ibu mau ke supermarket, mau beli ini itu, dijelaskan atau ada transaksi keuangan di minimarket, itu bisa diajak, dijelaskan kita melakukan transaksi pembelian, menukarakan uang dengan barang,” kata Annisa di Jakarta.

Selain itu kami juga merangkum beberapa cara efektif dalam menerapkan pendidikan finansial yang efektif pada anak. Berikut ulasannya.

  1. Membiasakan anak menabung
  2. Memberi pemahaman yang baik kepada anak berkaitan dengan iklan yang semakin gencar di berbagai media.
  3. Anak dilatih untuk membuat tujuan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.
  4. Mengubah secara perlahan pola pemberian uang saku harian menjadi mingguan atau bulanan.
  5. Memberi pekerjaan tambahan anak untuk bisa mendapatkan uang tambahan.

Maka dari itu pentingnya bagi kita para orang tua untuk mengedukasi anak-anak tentang finansial. Seperti dalam buku terbitan ERLANGGA, yang berjudul “Wirausaha untuk Pemula”. Dapatkan di toko buku terdekat maupun secara online melalu bukuerlangga.co.id.