3 Sayur dan Buah Terbaik untuk Pertumbuhan Anak


Sumber: Pixaby

Semua orang tahu kalau buah dan sayur memiliki banyak manfaat. Namun, secara nutrisi tentu tidak semua sama. Banyak anak yang tidak suka mengonsumsi buah maupun sayuran, padahal buah dan sayur sangat penting untuk pertumbuhan anak. Yuk, simak buah dan sayur apa saja yang baik untuk pertumbuhan anak.

Sayur

  1. Brokoli
    Brokoli kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, memiliki vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, asam lemak omega 3 untuk perkembangan otak, kandungan kalsium untuk memperkuat struktur tulang dan gigi, serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan vitamin E yang dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit mati.
  2. Wortel
    Wortel merupakan sayur yang kaya akan beta-karoten. Beta-karoten adalah bahan baku vitamin A yang sangat penting untuk pertumbuhan anak, terutama untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Sayuran ini juga mengandung banyak vitamin B1, B3, dan B6 yang membantu tubuh memproduksi energi, perkembangan otak, dan saraf.
  3. Bayam
    Bayam mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk anak. Sayuran ini mengandung vitamin C, A, E, asam folat, zat besi, dan kalsium. Seluruh zat gizi tersebut bermanfaat untuk perkembangan mata, perlindungan sel tubuh dari kerusakan, produksi energi, kesehatan pencernaan, dan menjaga kelangsungan fungsi tubuh selama masa pertumbuhan anak.

Buah

  1. Pisang
    Pisang merupakan sumber utama  mineral kalium untuk menjaga kesimbangan cairan dalam tubuh, tekanan darah, dan membantu kerja otot dan jantung. Selain itu,  kandungan karbohidrat bisa digunakan sebagai sumber energi. Pisang juga kaya akan zat besi, asam folat, vitamin B6 dan B12, serta tembaga yang berperan dalam membentuk sel darah merah.
  2. Mangga
    Mangga kaya akan vitamin A, vitamin C, serta glutamin yang dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat pada anak. Selain itu, buah mangga juga tergolong buah tinggi kalori sehingga bisa digunakan sebagai sumber energi instan dan makanan untuk menambah berat badan anak.
  3. Buah Naga
    Buah naga  mengandung zat besi dan vitamin A. keduanya diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat serta menjaga kesehatan kulit dan mata. Kadar kalsium dan asam lemak tak jenuh cukup tinggi yang berperan penting dalam kekebalan tubuh, penyembuhan luka, mencegah gangguan pernafasan, dan perkembangan otak.

Dalam memperingati hari gizi di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 Februari, sebaiknya  kenalkan dan biasakan anak untuk sering mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran agar ia tumbuh sehat, kuat, dan perkembangannya optimal. Selamat Hari Gizi Nasional!