Kenali 5 Manfaat Pramuka untuk Anak


Kenali 5 Manfaat Pramuka untuk Anak

Sumber: instagram pramukaupdate

Sekolah tidak hanya punya program belajar mengajar di dalam kelas. Sekolah juga punya berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler untuk anak, salah satunya adalah pramuka. Pemerintah menegakkan kegiatan pramuka sebagai aktivitas wajib yang harus diselenggarakan oleh sekolah baik dari jenjang SD, SMP, hingga SMA. Kegiatan pramuka banyak dilakukan di luar sekolah, aktivitasnya pun dikemas dalam bentuk yang menarik dan menyenangkan. Tepat di hari pramuka sedunia yang selalu diperingati tiap tanggal 22 Februari, yuk kenali manfaat pramuka untuk anak.

  • Melatih Anak untuk Lebih Disiplin

Saat anak mengikuti kegiatan pramuka , pelajaran yang paling dasar adalah pembentukkan karakter anak. Anak akan dilatih untuk tepat waktu seperti saat bangun tidur, makan, mandi, belajar, atau aktivitas lainnya. Selain itu, anak juga harus mematuhi dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir, mulai dari mengikuti upacara apel dan mengenakan atribut yang lengkap.

  • Melatih Anak untuk Mandiri

Banyak anak yang terbiasa dibantu oleh orang tua atau asisten rumah tangganya untuk mengurus diri.  Namun, saat mengikuti kegiatan pramuka anak dilatih untuk mengurus semua keperluannya sendiri. Dengan belajar mandiri karakter anak akan menjadi lebih baik dibanding dengan mereka yang terbiasa dilayani.

  • Diajak untuk Belajar Mencintai Alam

Sebagian besar kegiatan pramuka kerap kali dilakukan di alam bebas. Semakin anak dekat dengan alam, maka rasa cinta anak terhadap alam juga akan timbul. Sehingga kegiatan yang langsung dilaksanakan di alam itu diharapkan mampu memunculkan kepedulian anak untuk melestarikan lingkungan, seperti tidak merusak alam.

  • Belajar Bekerjasama

Saat anak mengikuti kegiatan pramuka, anak akan sering bertemu dengan orang baru dan memiliki karakter yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat anak-anak belajar menahan ego, belajar bersosialisasi untuk melakukan kegiatan bersama, dan belajar untuk memecahkan masalah bersama.

  • Melatih Kepemimpinan

Anak akan mendapatkan kesempatan untuk memimpin regu jika aktif mengikuti kegiatan pramuka. Saat mendapatkan kesempatan itu anak akan belajar mengenai gaya kepemimpinan, bertanggung jawab, dan tahu bagaimana cara memecahkan sebuah masalah yang terbaik untuk semua anggota tim. Sehingga ketika memasuki usia dewasa anak bisa menjadi seorang pemimpin, baik di tempat kerja, organisasi, maupun berkeluarga.

Begitulah manfaat pramuka untuk anak. Sebagai orang tua, sebaiknya mendukung penuh kegiatan tersebut demi bekalnya di masa depan. selamat hari pramuka sedunia! [Gebi]