Ingin Anak Lebih Cerdas dan Kreatif? Lakukan 5 Cara Ini…


Ingin Anak Lebih Cerdas dan Kreatif? Lakukan 5 Cara Ini…

Sumber: Pixabay

Dunia anak merupakan dunia bermain oleh sebab itu sangat diperlukan untuk memilih alat permainan yang tepat. Dengan memilih permainan yang tepat dan benar untuk anak, dapat meningkatkan perkembangan dan kecerdasannya serta menjadi salah satu faktor pendukung untuk menciptakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang lebih optimal.

Siapapun menginginkan buah hati tumbuh cerdas. Melatih kecerdasan anak dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan cara yang seru. Dengan begitu, mereka akan senang melakukannya.

Tak melulu soal les di lembaga pendidikan, ternyata ada kok cara-cara yang seru yang dapat membuat otak anak menjadi lebih cerdas dan kreatif. Penasaran? Simak dibawah ini ya!

  1. Latih Anak dalam Permainan Lego

Lego termasuk permainan klasik yang cukup populer untuk dimainkan oleh anak-anak. Lego adalah permainan asal Denmark yang berupa balok warna warni. Permainan satu ini selain menyenangkan juga dapat mengasah otak anak untuk berfikir bagaimana merangkai balok balok tersebut agar menjadi bentuk yang mereka inginkan.

  1. Menonton Acara Musik dan Tarian

Film ataupun buku fiksi dapat mengasah kemampuan berimajinasi buah hati. Hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuannya berpikir kreatif. Bunda bisa mengajak buah hati menonton film atau membacakan cerita menarik. Ini dilakukan agar kemampuan berimajinasinya tumbuh maksimal. Jangan lupa pilih film atau buku yang sesuai tahapan usia buah hati.

  1. Bermain Pura-pura dalam Peran

Kegiatan drama peran sarat akan kreativitas otak dan mudah sekali dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, Ibu bisa bersama anak memainkan peran sebagai guru dan murid, anak diminta bernyanyi seolah-olah berada di panggung; bermain peran sebagai penjual dan pembeli pun juga cukup efektif lho.

  1. Berikan Pertanyaan yang Memancing Ide Anak

Tanyakan kepada anak beberapa pertanyaan, seperti bagaimana harinya di sekolah, atau dimana liburan terbaik menurutnya. Hal ini akan mendorong anak Anda untuk memikirkan ide-ide baru yang dapat membantu menciptakan hubungan saraf baru di otak.

  1. Penuhi Asupan Asam Lemak Omega-3 pada Anak

Asam lemak omega-3 bermanfaat bagi otak dengan mengaktifkan area otak yang berpotensi mendorong peningkatan perhatian, memori dan aspek kognitif lainnya. Berikan suplemen minyak ikan dan beberapa makanan lain yang diperkaya oleh asam lemak omega-3 dan DHA.

Masih sangat banyak cara untuk mengasah kecerdasan dan kreatifitas anak, melalui cara yang sederhana khususnya. Seperti buku panduan terbitan Erlangga For Kida yang berjudul “LEMBAR KREASI: MENGGUNTING MELIPAT MENEMPEL”. Dalam buku tersebut berisi banyak sekali cara sederhana nan efektif untuk melatih dan meningkatkan kecerdasan anak. [Prayogo]