Parents, Begini Lho Cara Mengenali Potensi dan Bakat Anak Sejak Dini


Sumber: Strategenics

Setiap orang tentunya memiliki bakat tersendiri di dalam dirinya. Bakat sendiri merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang yang berasal dari dalam dirinya sendiri yang mana bisa diturunkan dari orang tua ataupun memang bakat alami yang dimiliki seseorang.

Tentunya sebagai orang tua penting untuk mengetahui bakat anak sejak dini agar anda bisa mengarahkan sebaik mungkin bakat-bakat tersebut sehingga lebih maksimal seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Karena persoalan mengenai potensi dan bakat tersebut sangat berpengaruh terhadap kehidupan sang anak di masa depan lho. Bahkan menurut data survey pada tahun 2016 lalu menunjukkan bahwa 45% koresponden merasa tidak yakin dan tidak percaya pada diri mereka yang memiliki potensi diri.

Maka dari itu sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui bakat anak sejak dini yang bisa dilakukan oleh orang tua, kami pun telah merangkum 5 cara untuk mengetahui bakat anak sejak dini.

  1. Perhatikan Kebiasaan dan Kesukaan Anak

Cara pertama untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak adalah dengan memperhatikan kebiasaan dan kesukaan anak anak anda. Biasanya hal hal yang menjadi kebiasaan dan kesukaan bisa jadi merupakan bakat yang dimiliki oleh anak anda tersebut. Untuk itu cobalah untuk memperhatikan segala aktivitas yang anak anda lakukan, bisa jadi salah satu diantaranya merupakan bakat atau potensi yang cukup kuat untuk dieksplor lebih lanjut. Mulai dari kebiasaan, kesukaan, hobi, hal yang sering dilakukan, minat dan semuanya perlu anda perhatikan dengan baik.

  1. Biarkan Anak Mendalami Kemampuan yang Dimiliki

Biarkan anak mencoba berbagai hal-hal yang positif, dengan cara tersebut akan membantu anak bisa menemukan bakat-bakat yang terpendam di dalam dirinya. Sebagai orang tua, jangan sesekali menekan ataupun membatasi kegiatan anak, hal ini karena sama saja anda menghalangi anak untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimilikinya sehingga nantinya tidak bisa memaksimalkan untuk menemukan bakat-bakat terpendam di dalam dirinya.

  1. Berikan Waktu yang Cukup untuk Bersosialisasi

Berikan kesempatan anak untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman-teman sebaya nya. Dengan cara ini anak bisa saling menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya kepada teman-teman dalam lingkungannya. Dengan metode ini pula, anak bisa saling bercerita dengan teman-temannya mengenai kegemarannya serta hal-hal apa yang menjadi kesukaannya.

  1. Ikutkan Anak ke Tempat Bimbingan Bakat

Jika sudah mengetahui bakat sang anak, salah satu hal yang wajib dilakukan oleh orang tua adalah mengikutkan sang anak ke tempat bimbingan bakat seperti musik, Bahasa dan lainnya.

  1. Ikutkan Anak ke Perlombaan

Langkah jitu lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengikutkan anak ke beberapa perlombaan, namun ingat semua hal tersebut haruslah sesuai dengan persetujuan anak-anak. Bakat dan minat yang dimiliki anak anak tersebut bisa anda amati dari perlombaan yang diikuti anak anak. Hasil perlombaan yang memiliki pencapaian tertinggi bisa menjadi indikasi jika kemampuan anak lebih dominan pada hal tersebut.