Enggak Ribet, Begini Cara Seru Rayakan Tahun Baru Bersama Anak


Sumber: Pixabay

Tak terasa kalau tahun 2019 akan segera berakhir, tak terasa pula sudah hampir genap setahun kita melakukan berbagai rutinitas sehari-hari. Mulai dari rutinitas orang dewasa yang harus berangkat bekerja, hingga anak-anak yang rutin belajar di sekolah.

Setelah aktif belajar di sekolah selama hampir setahun penuh, akhirnya anak-anak memasuki masa liburan. Bahkan, dalam hitungan hari bakal segera menyambut Tahun Baru 2020.

Pergantian tahun kerap diisi dengan perayaan bersama dengan teman atau keluarga. Beberapa merayakan tahun baru dengan makan malam, berpesta, hingga sekadar memainkan berbagai permainan bersama hingga larut malam.

Merayakan momen pergantian tahun bersama anak-anak tentu akan sedikit lebih rumit dibandingkan jika merayakan tahun baru bersama orang dewasa. Pasalnya, tidak semua tempat menerima anak-anak. Biasanya anak-anak juga cepat merasa bosan.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk menemukan cara seru untuk merayakan tahun baru bersama anak. Berikut lima cara seru merayakan Tahun Baru bersama anak:

  1. Membuat Pesta Tahun Baru di Rumah

Jika tidak mempunyai rencana merayakan tahun baru di luar rumah, kita bisa merancang sendiri pesta tahun baru yang tidak kalah menyenangkan. Siapkan atribut pesta, seperi topi pesta, terompet, topeng, confetti, dan atribut khas pesta lainnya. Jangan lupa untuk mendekorasi ruangan rumah Anda dengan pernak-pernik agar semakin meriah.

  1. Ajari Anak untuk Menciptakan Resolusi

Cara ini termasuk sederhana, menyenangkan dan edukatif untuk merayakan momen Tahun Baru 2020 yang tinggal hitungan hari saja. Ajari anak untuk menciptakan resolusi dengan cara mengajak ia berdiskusi soal tujuan apa yang ingin ia capai dan tuliskan resolusi tersebut di dalam sebuah kertas. Lalu tempelkan kertas tersebut di kulkas atau di dinding kamar agar anak termotivasi.

  1. Nonton Film bareng Keluarga

Jika tidak ingin menghabiskan malam Tahun Baru di luar rumah, ide yang satu ini bisa jadi alternatif yang nggak kalah seru, lho. Pasalnya, menonton film bersama keluarga akan menciptakan suasana hangat dan mempererat hubungan keluarga, apalagi kalau ada sesi diskusi setelah menonton film tersebut.

  1. Ajak Anak dan Keluarga ke Festival Terdekat

Memang mengajak keluarga ke luar rumah saat momen Tahun Baru  sudah menjadi hal yang sangat lumrah dilakoni di Indonesia. Tapi tak ada salahnya juga mengajak keluarga untuk berekreasi di sebuah acara festival. Biasanya tempat-tempat rekreasi, seperti Jungle Land, TMII, ataupun Ancol mengadakan festival untuk menyambut Tahun Baru.

  1. Menonton Kembang Api

Karena momen Tahun Baru identik dengan kembang api. Menonton kembang api tak melulu harus di tengah keramaian. Menonton kembang api saat momen Tahun Baru bisa saja dilakukan di atap rumah, jika rumah Anda memiliki rooftop, ataupun dari lantai teratas atau di jalan depan rumah. Anda juga bisa menyalakan kembang api kecil-kecilan sendiri di rumah.

Selamat liburan ya!