Kesehatan Mata Pada Anak Itu Penting !


Sumber: Buku Mata Doni Buram | 2008082830

Kesehatan mata sangat diperlukan pada anak-anak di masa pertumbuhannya. Terlebih, saat mereka dalam proses belajar, mata yang kurang sehat tentu dapat menggangu mereka. Sayangnya, masih banyak orang tua yang kurang peduli terhadap kesehatan mata anak, sehingga membiarkan anak untuk beraktivitas dan melakukan kebiasaan yang dapat merusak mata. Tidak jarang, anak-anak di sekolah dasar sudah ada yang memakai kaca mata. Untuk menghindari anak mengalami penurunan ketajaman pengelihatan, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

Periksa Mata Secara Teratur

Periksalah mata anak secara teratur karena sangat penting untuk memastikan mata anak tetap sehat. Tes mata akan memastikan apakah anak mengalami kondisi mata juling, mata malas, rabun jauh, atau rabun dekat sejak dini. Semakin cepat masalah teridentifikasi, kemungkinan hasil pengobatan semakin baik.

Berikan Makanan Bernutrisi

Makanan berwarna seperti sayuran dan buah-buahan bergizi sangat diperlukan bagi anak-anak untuk tumbuh dengan sehat. Makanan seperti wortel, tomat, melon, anggur dan blueberry serta ikan, ayam, telur, dan biji-bijian penuh dengan nutrisi yang baik untuk mata. Jadi, biasakan anak untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta makanan bernutrisi lainnya agar anak memiliki penglihatan yang sehat dan terang.

Ajak Anak Sering-Sering Bermain Di Luar

Penelitian telah menunjukkan bahwa menghabiskan waktu bermain di luar rumah, dapat bermanfaat untuk mencegah timbul dan berkembangnya penyakit mata pada anak-anak. Orang tua dianjurkan untuk sering-sering mengajak anak bermain di luar rumah daripada membiarkan anak bermain gadget atau menonton televisi seharian di dalam rumah. Paling tidak, ajak anak untuk bermain di taman sekitar komplek perumahan. Cara ini dapat mencegah anak mengalami rabun dekat akibat terlalu sering bermain di dalam ruangan.

Lindungi Mata

Sangat penting untuk melindungi mata dari sinar matahari. Lindungi mata anak-anak setiap kali ia bermain di luar rumah. Anjurkan anak untuk mengenakan topi atau kacamata hitam saat mereka beraktivitas di luar rumah.

Jauhkan Anak Dari Kebiasaan Merusak Mata

Mengucek mata, membaca atau menonton televisi dengan jarak dekat, membaca di ruangan yang minim pencahayaan, atau membaca sambil tiduran merupakan kebiasaan sederhana yang dapat merusak mata anak. sebagai orang tua, anjurkan pada anak untuk menghindari kebiasaan tersebut. Atur jarak mata dengan buku menjadi 30 sentimeter saat ia sedang membaca, berikan pencahayaan yang cukup di ruangan sehingga membuat nyaman anak saat membaca. Selain itu, terlalu sering membiarkan anak bermain gadget juga dapat merusak mata anak. Atur waktu kapan anak harus bermain dan kapan anak harus berhenti bermain gadget mereka. [Safira]