Pentingnya Seni Bela Diri Untuk Anak


dahniel_photography | Kontes Photo Challange ETW

Pertahanan diri adalah kemampuan untuk melindungi diri sendiri dari bahaya yang harus dapat dimiliki oleh semua orang, termasuk anak-anak. Penting untuk memastikan bahwa anak-anak kita dapat membela diri mereka jika perlu. Seni bela diri tidak hanya mengajarkan anak-anak untuk melindungi diri mereka dari serangan fisik, melainkan juga memberikan berbagai manfaat bagi mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Memberikan Pengetahuan Melalui Bela Diri

Seni bela diri akan mengajari anak-anak banyak teknik rumit dan cara melakukannya dengan benar. Seni bela diri juga mengajarkan pada anak-anak bahwa fisik mereka bukanlah alat yang digunakan untuk menyakiti orang lain, melainkan hanya untuk membela diri mereka terhadap setiap dan semua serangan, serta mengajarkan anak-anak kapan dan di mana menerapkan keterampilan mereka.

Melindungi Diri Dari Intimidasi Di Sekolah

Bullying adalah mimpi buruk setiap orang tua dan sudah sering terjadi, terlebih di lingkungan sekolah dan bahkan di lingkungan sosial. Seni bela diri memungkinkan anak-anak mengembangkan kepercayaan diri, disiplin diri, dan harga diri, serta menghargai orang lain. Ketika mereka di ganggu oleh teman kelasnya, mereka akan memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi serangan intimidasi tersebut.

Mengajarkan Banyak Nilai Dan Prinsip Penting

Seni bela diri memastikan anak-anak belajar banyak pelajaran dan menanamkan banyak nilai dan prinsip kehidupan yang paling penting. Beberapa nilai yang diajarkan seni bela diri termasuk kejujuran, kerendahan hati, kehormatan, rasa hormat, keberanian, dan disiplin. Prinsip penting lainnya adalah pentingnya kegagalan. Seni bela diri mengajarkan anak-anak untuk merangkul kegagalan dan melihatnya sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri.

Mengajarkan Disiplin Dan Tanggung Jawab

Salah satu pelajaran terpenting seni bela diri yang diberikan pada anak-anak adalah disiplin dan tanggung jawab. Anak-anak harus bisa disiplin dan bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri. Beri anak-anak Anda rasa tanggung jawab dengan mendaftarkan mereka dalam seni bela diri.

Menyehatkan tubuh

Selain mengajarkan pertahanan diri dan nilai-nilai dalam kehidupan, seni bela diri tentu dapat menyehatkan tubuh anak. Seni bela diri mengajak anak untuk melatih pernapasan dan menggerakan otot-otot tubuh sehingga mengeluarkan keringat yang dapat menyehatkan tubuh, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Seni bela diri mengajarkan anak-anak bahwa tidak masalah seberapa keras mereka jatuh, yang penting adalah bagaimana mereka bisa bangkit kembali dan terus berusaha untuk melakukan suatu perbaikan pada diri sendiri ke depannya.