Keragaman Budaya di Indonesia


INDONESIA adalah Negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki 17,504 pulau besar dan kecil, sekitar 6,000 di antaranya tidak berpenghuni. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnis dimana setiap etnis memiliki warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad.

Kekayaan makhluk hidup Indonesia menuduki peringkat kedua, setelah Brasil. Kekayaan alam Indonesia ini membuat beberapa Negara Eropa dan Asia pernah tergiur. Mereka datang untuk menguasai sumber daya alam tersebut dengan cara menjajah. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah pedagangan penting setidaknya sejak abad ke-7.

Pulau Sumatra didiami oleh bangsa melayu yang terbagi dalam beberapa suku, yaitu Aceh, Batak, Melayu, Minagkabau, Besemah, Ogan, Komering, dan Lampung. Asal nama Sumatra berawal dari kunjungan Ibnu Batutah, seorang petualang dari Maroko ke kerajaan Samudra Pasai. Beliau menyebut Samudra menjadi Samatrah, kemudian menjadi Sumatra. Pulau keenam terbesar di dunia ini dikenal pula dengan nama lain, yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa.

Dahulu, Pulau Jawa merupakan pusat dari beberapa kerajaan Hindu-Buddha, pemerintahan colonial Hindi Belanda, dan pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau Jawa adalah pulau berpenduduk terpadat di dunia. Ada 153 gunung yang terbentang, beberapa di antaranya tergolong gunung berapi aktif. Banyaknya gunung berapi membuat tanah di Pulau Jawa menjadi subur. Lahan padi terkenal sebagai salah yang tersubur di dunia dan penanaman kopi di Indonesia pertama dilakukan di Pulau Jawa.

Kalimantan adalah pulau terbesar ke tiga di dunia. Suku-suku asli di Kalimantan terbagi menjadi Melayu, Dayak, Banjar, Kutai, Paser, Berau dan Tidung. Kalimantan memiliki hutan yang lebat yang merupakan habitat alami orang utan, gajah borneo, badak borneo, landak, rusa, tapir dan beberapa spesies yang terancam punah. Setiap tahun diadakan Festival Borneo yang diadakan bergilir di tiap provinsi.

Kepulauan Nusa Tenggara dikenal sebagai pulau-pulau di walayah Sunda Kecil. Dulu wilayah Sunda kecil ini menjadi satu provinsi beribukota di Singaraja. Kini terbagi menjadi tiga provinsi, yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Pulau Sulawesi adalah pulau ke-11 terbesar di dunia. Suku Bugis adalah suku yang paling banyak mendiami pulai ini. Pulau Sulawesi membentuk huruf K sehingga di peta terlihat unik.

Maluku sebagai provinsi tertua di Indonesia. Dulu, bangsa Eropa menyebutnya sebagai kepulauan rempah-rempah. Pada zamannya harga rempah-rempah sebanding dengan emas. Pulau Papua terbagi atas propinsi Papua dan Papua Barat merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland.

Bahasa Indonesia merupakan Bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Indonesia terdiri atas kepulauan dengan luas daratan 1,904,569 km² dan luas lautan 5,076,800 km².

Kepulauan Indonesia sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai sumber rempah-rempah, Indonesia juga rumah bagi beberapa spesies unik seperti tanaman karnivora. Fauna Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentuk kepulauan tropis, Indonesia memiliki sumber daya alam hayati dan non hayati yang berlimpah.

Selain mengupas hari-hari besar nasional di buku ini juga memberikan informasi detail-detail di setiap provinsi, mulai dari letak geografis, jumlah penduduk, kesehatan tradisional, flora, dan fauna, hingga kuliner.

Judul               : Segala Hal Tentang Tanah Airku

Penulis             : Shelomi Angell

Penerbit           : Erlangga For Kids

Terbit               : 2019

Tebal               : 256 Halaman

Sumber            : Harian Fajar Makassar