Jadi Dokter Cilik? Siapa Takut!


kiakai1212kho | Kontes Foto Hari Buku Nasional 2018

Siapa yang bercita-cita ingin menjadi dokter? Ya, siapa yang tidak mau menjadi dokter jika sudah besar nanti. Menjadi dokter itu merupakan salah satu profesi yang mulia. Kenapa begitu? Karena dengan menjadi dokter, kita bisa menolong orang yang sedang kesakitan dan berupaya agar sakit yang dirasakan itu menghilang dan sembuh. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa menjadi dokter. Anak-anak pun juga bisa menjadi dokter. Yap! Dokter cilik! Sebagai dokter cilik, kita juga bisa ikut membantu dan menolong orang tua, teman atau orang lain disekitar kita yang sedang merasa kesakitan meskipun dengan cara yang sederhana. Sejak dini, kita pun juga sudah diajarkan ilmu kedokteran yang sederhana namun sangat berguna sebagai pertolongan pertama. Selain di sekolah, kita juga diajarkan untuk menangani kecelakaan kecil oleh orang tua kita di rumah.

Sebagai orang tua, kita bisa mengajari dan melatih si kecil untuk memberikan pertolongan pertama sejak dini dan menjadikan mereka sebagai dokter cilik di rumah. Sebagai contoh, jika kita atau bahkan si kecil yang mengalami luka memar, kita bisa mengajarkannya untuk mengompres luka itu dengan beberapa batu es yang dibungkus dengan kain atau handuk. Tidak hanya itu, meskipun di rumah sudah tersedia kotak P3K, namun tidak ada salahnya jika si kecil juga memiliki kotak P3K-nya sendiri. Kita dapat membuat atau menyiapkan alat-alat P3K sederhana untuk si kecil yang bisa ia simpan di kamar atau di bawa ke sekolah atau saat bepergian sebagai latihan dasar bagi mereka. Kita dapat menyiapkan kotak kecil yang didalamnya terdapat obat merah penyembuh luka atau plester penutup luka. Dengan begitu, si kecil akan ingat bahwa ia memiliki kotak P3K mini sebagai alat pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan kecil.

Melalui buku Seri Anak Sehat: P3K Untuk Anak, kita akan diajarkan bagaimana memberikan pertolongan pertama pada si kecil jika ia mengalami kecelakaan kecil. Buku ini juga mengajarkan si kecil untuk menjadi doker cilik yang dapat membantu memberikan pertolongan pertama pada orang lain melalui ilustrasi dan cerita yang menarik. Tidak hanya itu, buku ini juga memberikan lembar aktivitas (digital) untuk anak sehingga anak bisa melatih diri mereka untuk memberikan pertolongan pertama pada orang disekitarnya. Selain dapat menolong orang, menjadi dokter cilik tentu akan menumbuhkan sikap peduli dan rasa empati pada diri sei kecil sehingga ia dengan sendirinya akan siap membantu dan menolong orang lain disekitarnya yang sedang merasa kesakitan.