Ini Lah Cara Untuk Mengajak Anak Menyikat Gigi!


 

jimnoe9 - Kontes Foto Hari Buku Sedunia

jimnoe9 – Kontes Foto Hari Buku Sedunia

Saat anak sedang dalam proses pertumbuhan, apa yang paling menonjol dalam pertumbuhan anak? Selain bertambahnya tinggi badan, tentu pertumbuhan gigi juga cukup terlihat menonjol. Terbukti dengan terlepasnya gigi susu yang menjadi bibit gigi dewasa pada anak. Namun, jika gigi susu sudah tidak sehat, maka akan berdampak pada gigi dewasa yang akan tumbuh suatu hari. Lalu, bagaimana cara mengajak anak untuk rutin menyikat giginya sehingga mereka nanti terbiasa untuk menyikat giginya sendiri tanpa perintah orang tuanya?

 

Jadilah Contoh Yang Baik

Tunjukan pada anak bahwa kita senang untuk menyikat gigi. Perlihatkan bahwa kita juga menyikat lidah kita, membersihkan gusi hingga menyikat gigi yang paling belakang. Kita bisa sedikit menggunakan gerakan yang agak berlebihan untuk menunjukkan pada anak dengan sangat jelas setiap langkah penting menyikat gigi. Setelah itu, kita bisa memakerkan kilat cahaya putih gigi kita ke cermin dengan senang dan bangga, dengan upaya untuk menunjukn pada anak sebagai hadiah dari menyikat gigi dengan baik.

Berikan Anak Hadiah Karena Menyikat Gigi Mereka

Kita bisa membeli kalender atau membuat tabel menyikat gigi.  Setiap pagi atau malam setelah anak menyikat giginya, kita bisa menempel stiker bintang atau stiker bergambar kesukaannya pada tabel. Jika tabel terpenuhi dengan stiker setelah anak menyikat gigi, kita bisa memberikannya hadiah, misalkan membelikannya mainan baru atau tambahan uang saku untuk ditabungnya.

Jadikan Menyikat Gigi Itu Hal Yang Menyenangkan

Salah satu trik untuk mendorong anak untuk menyikat giginya adalah dengan mengajak anak untuk membayangkan tentang serangga gula imajiner yang akan menyerang mulut anak. Satu-satunya cara untuk mengalahkan serangga gula adalah dengan menyikat gigi agar gigi diberi pertahanan oleh pasta gigi. Namun kita juga perlu berhati-hati untuk tidak menakuti anak sehingga mereka percaya bahwa mulutnya akan penuh dengan serangga dan membuat mereka trauma. Kita bisa juga bisa memutarkan musik agar anak tidak akan merasa bosan saat menyikat giginya. Anak bisa menari kecil sambil mereka menggosok gigi atau bisa menikmati musik hingga musik selesai dan anak pun selesai dengan menyikat giginya.

Coba Pasta Gigi Yang Berbeda

Mini market terdekat pasti menjual berbagai macam pasta gigi yang dibuat khusus untuk anak-anak. Anak-anak akan senang melihat karakter favorit mereka pada kemasan pasta gigi dan berharap dapat menggunakannya untuk menyikat gigi setiap malam dan pagi. Baik itu Spiderman, My Little Pony, atau tokoh kartun lainnya. Kita juga dapat menemukan pasta gigi yang disarankan oleh anak, dan tersedia dalam rasa yang menyenangkan seperti rasa buah strawberry.