Membiasakan Budaya Membaca untuk Anak


Saat ini, budaya membaca pada anak dan remaja tergolong menurun. Mereka cenderung lebih menikmati waktu luang mereka untuk bermain video game atau gadget. Namun, saat ini sudah banyak lembaga-lembaga yang mulai mengajak masyarakat untuk membiasakan budaya membaca. Sebagai orang tua, kita juga dapat mengajak anak untuk melestarikan budaya membaca.

Jadilah Contoh bagi Anak

Anak akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Jika orang tua melakukan sesuatu yang baik, anak juga akan melakukan sesuatu yang baik. Begitu juga sebaliknya. Untuk membudayakan anak membaca, kita sebagai orang tua juga harus terbiasa membaca. Sangat bagus jika kita memang gemar membaca. Namun, jika kita bukanlah orang yang gemar membaca, setidaknya kita bisa membacakan buku cerita pada anak atau mengajarinya membaca dengan cara membaca bersama-sama.

Berikan Bacaan yang Ringan

Sebagai tahap awal untuk membiasakan anak dengan budaya membaca, kita bisa memberikan buku bacaan yang ringan, seperti buku cerita bergambar atau komik edukasi. Jika anak sudah terbiasa dengan buku cerita, berikan lagi buku sebagai tambahan anak untuk membaca seperti majalah atau ensiklopedia anak. Selain dapat menghibur anak dengan ilustrasi yang mereka sukai, tentu anak juga mendapat ilmu pengetahuan yang dapat dipahaminya. Setelah itu, secara bertahap kita bisa memberikan buku lain, seperti novel anak. Meskipun pada novel jarang ditemukan ilustrasi yang menarik perhatian, namun dengan begitu kita bisa mengajak anak untuk menggunakan imajinasinya, sehingga anak akan membayangkan kejadian yang diceritakan pada novel.

Ajak Anak ke Perpustakaan

Saat berakhir pekan, tentu bertamasya ke suatu tempat seperti kebun binatang atau pantai menjadi hal yang menyenangkan, apalagi untuk anak-anak. Namun, tidak ada salahnya sesekali mengajak anak pergi ke perpustakaan. Saat ini sudah banyak perpustakaan umum yang sangat ramah bagi anak, misalnya perpustakaan Cinta Baca di daerah Bogor Baru, Kecamatan Bogor Utara. Selain dapat membaca di tempat, kita juga bisa meminjam buku dan membawanya pulang, sehingga anak bisa melanjutkan membaca di rumah.

Ajak Anak Membeli Buku di Toko Buku

Selain pergi ke perpustakaan di akhir pekan, kita juga bisa mengajak anak membeli buku kesukaannya di toko buku. Selain itu, banyaknya variasi buku bacaan anak di toko buku tentu dapat membantu anak meningkatkan minat membaca berbagai macam buku. Meskipun saat ini sudah tersedia buku digital atau e-book, namun buku dalam bentuk fisik tidak kalah dalam meningkatkan minat baca anak.

Jika anak sudah terbiasa membaca buku, tentu dengan sendirinya membaca akan menjadi kegemaran atau hobi yang dilakukannya. Namun, kita sebagai orang tua juga perlu mengawasi anak dalam membaca sebuah buku. Pilihlah buku-buku yang dapat memberikan pengetahuan dan dapat mendidik, sehingga dapat membantu membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik.