anak menjaga lingkungan

Mengapa Anak Perlu Belajar Menjaga Kebersihan Lingkungan ?

anak menjaga lingkungan

Tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini sederet permasalahan lingkungan mulai menghantui kehidupan kita. Mulai dari pemanasan global (global warming) hingga aneka efeknya terhadap lingkungan. Seperti, kualitas udara yang kian memburuk, krisis air bersih, krisis pangan, terjadinya bencana alam, serta bahaya-bahaya lain yang sangat menakutkan.

Sejatinya, masalah lingkungan adalah masalah perilaku. Berawal dari perilaku, dan harus diselesaikan pula dengan perilaku manusia. Karenanya, penting bagi kita untuk bisa mencintai lingkungan serta menjaga kelestariannya. Pentingnya peduli lingkungan juga harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini, karena merekalah generasi penerus bangsa di kemudian hari.

Jika sejak dini mereka sudah dikenalkan untuk peduli terhadap lingkungan, diharapkan agar di masa mendatang, mereka pun akan berguna untuk lingkungan sekitarnya. Tidak hanya itu, mengajarkan anak untuk peduli lingkungan sejak usia dini ini juga akan membentuk moral, budaya serta kearifan anak.

Nah, tempat yang paling berperan untuk memberikan edukasi lingkungan pada anak usia dini ini adalah keluarga. Sebagai orang tua, Anda bisa memberikan latihan-latihan pembiasaan seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air secukupnya, mematikan TV dan lampu jika tidak digunakan, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya. Latihan pembiasaan yang riil seperti ini, akan menjadi latihan pembentukan karakter yang bagus bagi anak. Karena anak akan belajar langsung dari mencontoh.

Jangan lupa pula untuk selalu memberi pengertian pada anak mengenai kenapa hal itu harus dilakukan, serta nilai-nilai dan motivasi-motivasi lainnya. Buku seri Lingkungan Sehat – Sekolah Tua di Tengah Hutan dari Erlangga For Kids akan sangat membantu Anda untuk menjelaskan pada anak segala hal yang berkenaan dengan lingkungan. Mulai dari apa itu lingkungan, mengapa kita harus menjaganya, hingga bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk turut andil dalam menjaga lingkungan. Ya, buku ini sangat efektif untuk menemani anak belajar tentang lingkungan, karena anak tidak hanya akan diberi penjelasan, tapi juga isertai dengan cerita bergambar yang menarik minat anak.

Yuk, segera dapatkan buku seri Lingkungan Sehat – Sekolah Tua di Tengah Hutan dari Erlangga For Kids di toko-toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *