Cara Efektif Mengatasi Bisul pada Anak


anak sehat Lola Bisulan

Jika anak tengah mengalami benjolan pada kulit, berwarna kemerahan dan terasa sakit, serta terkadang disertai dengan terbentuknya nanah di dalamnya. Maka bisa dipastikan, anak tengah mengalami bisul. Bisul sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus  aureus, yang masuk ke dalam pori-pori kulit, dan menyebabkan terjadinya infeksi atau peradangan kulit.

Bisul ini bisa tumbuh di mana saja dan kapan saja. Hanya saja, seringnya, bisul ini timbul pada bagian-bagian kulit yang berambut, sering berkeringat, serta cenderung berisiko terhadap gesekan. Karenanya, bisul hampir tidak pernah ditemukan pada telapak tangan, kaki, bibir, dan lidah. Dan, justru sering ditemukan di ketiak, kepala, leher, wajah, dan paha.

Lalu, bagaimana cara untuk mengobatinya?

Jika bisul masih kecil atau baru tumbuh, Anda bisa melakukan perawatan serta pencegahan penyebaran, melalui langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Seperti, mengompres daerah kulit yang terkena bisul dengan air hangat, minimal selama 15 menit beberapa kali dalam sehari. Cara ini akan membantu bisul cepat matang, untuk mengurangi nyeri, serta mempercepat penyembuhan.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan bersih setelah mengobati bisul. Cuci pula pakaian, handuk atau kompres, atau lainnya yang telah menyentuh bisul. Hal ini sangat penting untuk mencegah penyebaran bisul. Serta, jangan pernah memencet bisul sendiri, karena hal tersebut bisa mengakibatkan penyebaran infeksi lebih lanjut.

Jika selama dua minggu gejala belum mereda, atau justru semakin memburuk, maka segera konsultasikan dengan dokter guna mendapat penanganan lebih lanjut.

Anda juga tidak perlu panik ketika sang buah hati mengalami bisul, karena buku produk Anak Sehat-Lola Bisulan dari Erlangga For Kids akan membahas tuntas tentang bisul. Mulai dari apa itu bisul, penyebab serta gejala-gejala yang ditimbulkan, hingga bagaimana cara untuk mengobatinya. Buku seri anak sehat sangat cocok untuk menjadi teman Anda dalam menemani tumbuh kembang sang buah hati.

Anda bisa mendapatkan buku ini di took-toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.