Cara Mengatasi dan Menghindari Biang Keringat


biang keringat

Biang keringat dapat diartikan sebagai sebuah kondisi di mana terdapat ruam-ruam kecil berwarna merah pada kulit, dan terasa gatal. Kondisi ini bisa muncul pada seluruh bagian tubuh, namun seringnya berada di bagian wajah, leher, punggung, dada, dan bagian paha. Kondisi ini disebabkan karena kelenjar keringat tersumbat atau terjebak di beberapa bagian kulit, sehingga keringat tidak dapat menguap. Akibatnya, kulit mengalami inflamasi dan ruam, sehingga disebut sebagai biang keringat.

Biang keringat bisa disebabkan oleh faktor cuaca dan suhu lingkungan yang terlalu panas atau lembab. Atau bisa juga disebabkan oleh aktivitas fisik yang menyebabkan keluarnya banyak keringat. Meski bukan suatu kondisi yang memerlukan penanganan medis tertentu, biang keringat perlu untuk diatasi sesegera mungkin guna menghindari terjadinya infeksi kulit yang lebih parah.

Untuk menanganinya, Anda bisa menggunakan cara-cara seperti, menghindari panas yang berlebih dan tempat yang lembab, menjaga kulit agar tetap dingin, dan menggunakan pakaian yang longgar. Anda juga bisa menggunakan obat antihistamin untuk meredakan gatal-gatal pada kulit, atau menggunakan krim hidrokortosin dan losion calamine guna mengatasi bagian kulit yang mengalami gatal dan iritasi. Jika gejala yang muncul semakin parah, atau gejala bertahan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Seri anak sehat terbaru dari Erlangga For Kids, Anak sehat-Roki Biang Keringat cocok untuk menjadi teman Anda dalam membekali anak-anak pengetahuan seputar kesehatan, utamanya berkenaan dengan biang keringat. Dengan buku ini Anda dapat menjelaskan dengan lebih mudah dan gamblang apa itu biang keringat, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya.

Anda bisa mendapatkan buku ini di toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.