Cara Mengatasi Pilek Anak


anak pilek

Pilek adalah infeksi ringan pada saluran hidung, saluran sinus, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus. Pilek ini bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, anak-anak lebih rentan dan lebih sering terkena pilek jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Orang yang terkena pilek, akan menunjukkan gejala atau tanda-tanda, seperti hidung yang terus mengeluarkan ingus, sering bersin dan sering batuk, hidung tersumbat, dan tidak enak badan. Gejala lain yang juga sering menyertai, diantaranya adalah sakit kepala, demam, mata berair, tenggorokan kering dan gatal, serta hilangnya nafsu makan.

Pilek merupakan infeksi virus yang tergolong ringan. Karenanya, saat mengalami pilek, anak-anak dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, serta memperbanyak minum air putih guna mengganti cairan tubuh yang hilang. Lebih lanjut, gejala pilek juga bisa diredakan dengan cara-cara seperti mengoleskan balsem pada punggung dan dada, mengonsumsi suplemen zinc dan vitamin C, atau dengan mengonsumsi obat. Untuk meredakan gejala hidung tersumbat, Anda bisa memberi anak obat yang mengandung dekongestan. Sedangkan untuk meredakan gejala demam dan nyeri, bisa menggunakan ibuprofen atau paracetamol. Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk pemakaian yang tertera dalam kemasan.

Jika gejala pilek belum mereda hingga jangka waktu 1-2 minggu, atau ketika gejala semakin memburuk, maka Anda dianjurkan untuk segera memeriksanya pada dokter. Sedangkan untuk pencegahan, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan. Cuci tangan dengan rutin sebelum makan atau setelah beraktivitas, membersihkan benda-benda yang dapat ditempeli virus, serta usahakan untuk tidak berbagi barang pribadi dan perlengkapan makan-minum dengan orang lain.

Pemahaman tentang pilek sangat penting untuk Anda ketahui. Buku seri anak sehat terbaru dari Erlangga For Kids, Anak Sehat-Keni Pilek bisa menjadi teman yang cocok bagi Anda untuk lebih memahami tentang seluk-beluk gangguan pilek, utamanya pada anak-anak. Anak-anak juga perlu diberi pemahaman tentang gangguan kesehatan ini, mengingat dunia anak adalah dunia yang sangat rentan terhadapnya. Karenanya, beri pemahaman anak sedini mungkin tentang kesehatan dirinya ataupun lingkungannya.

Anda bisa mendapatkan buku ini di toko buku terdekat, atau kunjungi www.Bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.