Cara Mengatasi Atau Menghindari Alergi


anak sehat Cika Alergi

Hal penting yang harus diingat oleh para penderita alergi adalah tidak adanya penyembuhan. Jadi, satu-satunya cara atau terapi yang harus dilakukan oleh penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan. Atau dengan kata lain, melakukan pantangan ketat terhadap pemicu alergi (alergen).

Untuk mencegah alergi pada anak-anak agar tidak terjadi infeksi yang berulang, maka Anda harus terlebih dulu mengidentifikasi penyebab alergi. Jika ternyata anak alergi makanan, maka penanganan terbaik adalah dengan menghindari jenis makanan yang menjadi faktor penyebab munculnya alergi. Tidak hanya jenis asal makanan, tapi juga turunannya atau olahannya. Begitupula halnya jika anak terkena alergi debu, hewan peliharaan, obat, dan zat kimia.

Sedangkan pada bayi, utamanya yang masih menyusui, maka sang Ibu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena apa yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan terbawa oleh air susu, dan bayi bisa mengalami infeksi dan gangguan karenanya. Lebih lanjut, untuk mencegah terjadinya alergi pada bayi dan anak-anak, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Usahakan untuk tidak terburu-buru memberikan makanan tambahan pada bayi sebelum ia menginjak usia 6 bulan ke atas. Hal ini mengingat tubuh bayi yang belum siap menerima bahan makanan dari luar, terutama protein.
  2. Gunakanlah pola makan yang seimbang antara sayur, ikan, daging, telur, serta bahan-bahan lainnya. Serta biasakanlah menggunakan aturan makan yang baik, seperti sarapan pagi. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa anak yang setiap pagi sarapan lebih sedikit menderita alergi dibandingkan anak yang tidak sarapan. Hal ini erat kaitannya dengan daya tahan tubuh terhadap masuknya zat-zat asing ke dalam tubuh.
  3. Pada anak yang orang tuanya menderita alergi, maka potensi untuk juga menderita alergi sangat besar. Karenanya, sejak dini harus dilakukan pencegahan. Pencegahan bisa dilakukan sejak bayi dalam kandungan. Sebisa mungkin sang ibu harus menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan alergi.
  4. Perhatikan pula faktor lingkungan. Bisa kebersihan, kebiasaan orang-orang sekitar (seperti merokok), atau hewan-hewan peliharaan yang berkeliaran.

Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang alergi, penyebab dan pencegahannya melalui buku terbaru dari Erlangga For Kids, seri Anak sehat-Cika Alergi. Buku ini bisa Anda dapatkan di toko buku terdekat atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk pemesanan online.