anak alergi

Terkena Alergi atau Tidak Ya?

anak alergi

Kata alergi berasal dari bahasa Yunani, yakni Allos yang berarti berbeda atau berubah, dan ergos yang bermakna bekerja atau bereaksi. Jadi, alergi dapat diartikan sebagai reaksi yang berlebihan oleh sistem imun tubuh atas benda-benda atau zat-zat asing tertentu yang masuk ke dalam tubuh.

Bagi orang yang tubuhnya terkena alergi, reaksi tubuh akan sangat berlebihan. Karena benda-benda atau zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh (yang umumnya dinilai sebagai sesuatu yang tidak membahayakan oleh tubuh orang yang tidak terkena alergi) akan mengaktifkan sistem imun, sehingga akan mengakibatkan munculnya reaksi yang berlebihan.

Alergi bisa menyerang siapa saja tanpa batasan usia, termasuk juga bayi dan anak-anak. Alergi dapat dengan mudah menyerang seluruh organ tubuh manusia, terlebih jika ia mempunyai riwayat keluarga yang menderita alergi. Alergi bisa disebabkan oleh alergi terhadap debu, makanan, hewan peliharaan, musim atau cuaca, obat, dan zat-zat kimia.

Alergi yang paling banyak menimpa anak-anak adalah alergi makanan. Beberapa gejala yang dapat timbul akibat alergi ini diantaranya adalah kulit ruam (kulit merah-merah dan bentol-bentol), muntah, diare, nyeri perut, dan gangguan pernapasan (seperti batuk dan sesak napas). Ketika alergi muncul, anak akan mulai terlihat gelisah dan batuk. Kemudian, tak selang berapa lama akan dilanjutkan dengan muntah atau reaksi lainnya. Gangguan tidur semacam ini menandakan bahwa telah terdapat alergen dalam makanan yang dikonsumsinya sebelum tidur.

Jika alergen yang menyebar melalui darah telah mencapai kulit, maka bisa mengakibatkan eksim. Sedangkan apabila alergen telah mencapai paru-paru, maka bisa menyebabkan asma. Sedangkan untuk jenis alergi yang lain, pada dasarnya, gejala yang timbul hampir sama denga gejala yang terjadi pada alergi makanan. Yang membedakan hanyalah pemicu terjadinya (alergen).

Satu-satunya cara atau terapi yang harus dilakukan oleh penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan. Karenanya, sebagai orang tua kita harus mengetahui tentang seluk beluk alergi. Baik penyebab ataupun pencegahannya. Buku produk Anak Sehat-Cika Alergi akan menjadi teman terbaik Anda untuk mengenal lebih jauh tentang alergi. Anda bisa memberi pemahaman tentang alergi pada si kecil melalui buku menarik ini. Segera dapatkan buku ini di toko-toko buku terdekat atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *