Apa Iya Bermain Teka-Teki Bisa Meningkatkan Daya Berpikir Anak?


puzzle-anak

Bermain teka-teki memiliki banyak nilai positif, diantaranya adalah meningkatkan pengetahuan dasar, pengetahuan akan  kosakata, serta kemampuan logika dan analisis. Bagi anak usia dini, ketika mereka dihadapkan pada soal teka-teki, anak akan kembali mengingat hal-hal yang pernah diketahuinya, kemudian dicocokkan dengan informasi atau petunjuk yang ada dalam teka-teki.

Misalnya, ketika anak dihadapkan pada teka-teki tentang buah-buahan, “Aku buah-buahan. Aku memiliki banyak duri tajam. Bauku harum dan rasaku manis. Siapakah aku?”. Saat disebutkan tentang buah-buahan, pikiran anak masih melayang pada semua jenis buah seperti jeruk, semangka, apel, dan buah-buah lainnya. Tapi, ketika ditambahkan dengan ciri-ciri lainnya, anak akan mulai untuk mengklasifikasi, menata ribuan kosakata yang ia ketahui dan yang berhubungan dengan buah.

Ketika anak telah selesai mengklasifikasi, anak juga harus menganalisis jawaban yang tepat dari berbagai petunjuk yang ada. Di sini anak akan belajar menggabungkan informasi-informasi yang dia terima untuk menemukan jawaban dari teka-teki tersebut. Kemampuan analisis ini akan sangat berguna bagi anak ketika kelak mereka telah memasuki bangku sekolah. Karenanya, permainan ini penting bagi anak tidak saja karena permainan ini mampu menghibur dan bisa merekatkan hubungan orang tua dan anak. Tapi, permainan ini juga merupakan permainan yang sangat baik untuk menjaga daya ingat anak, serta membangun daya pikir dan analisis anak.

Buku Sofia The First – Teka Teki Seru merupakan salah satu buku teka-teki dari Erlangga For Kids yang cocok untuk menemani Anda mengasah kemampuan daya pikir dan analisis anak Anda. Buku ini berisi beraneka teka-teki anak dengan petunjuk yang cukup lengkap dan mudah dipahami.  Anda bisa mendapatkan buku Sofia The First – Teka Teki Seru dari Erlangga For Kids ini di toko-toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.