Adik Mau Main di Luar? Cerah atau Mendung ?


anak-bermain-diluar

Bagi anak-anak, akivitas bermain merupakan kegiatan bersenang-senang yang terjadi secara alamiah. Dunia mereka adalah dunia bermain, dan kita sebagai orang tua tidak dianjurkan untuk membatasi aktivitas bermain anak selama itu baik bagi perkembangannya. Ketika aktivitas bermain anak telah merambah pada dunia di luar rumah, kita sebagai orang tua seringkali paranoid terhadap kesehatan dan keselamatan anak. Hingga akhirnya para orang tua cenderung melarang ini-itu pada anak. Padahal, semua anak umumnya tidak mau dikekang, apalagi jika berkenaan dengan aktivitas bermain mereka.

Untuk menjembataninya, Orang tua tidak perlu memaksakan kehendak atau perintah dengan sangat  tegas, karena itu akan berpengaruh  terhadap psikis anak. Sebaliknya, Orang tua bisa menyelipkan perintah-perintah  tersebut melalui penjelasan-penjelasan logis, agar anak juga berlatih untuk berpikir tentang baik buruknya sesuatu bagi dirinya.

Melarang anak bermain di luar ketika hujan misalnya, Orang tua bisa melarang anak dengan terlebih dulu memberi penjelasan tentang konsep cuaca. Tentang cuaca panas (cerah) yang berasal dari cahaya matahari, dan hujan yang berasal dari matahari, awan, dan angin. Orang tua juga bisa menjelaskan tentang tanda-tanda perubahan cuaca, seperti awan yang mulai gelap (mendung) itu adalah pertanda akan turunnya hujan. Atau hadirnya pelangi setelah hujan, adalah pertanda bahwa hujan telah berhenti dan sinar matahari telah kembali.

Melalui buku See Inside – Iklim dan Cuaca, Orang tua bisa menjelaskan konsep-konsep cuaca tersebut secara lebih gamblang dan mudah. Karena buku ini memang disusun untuk mendampingi anak belajar tentang iklim dan cuaca. Disertai dengan gambar ilustrasi yang menarik dan bahasa yang sederhana menjadikan buku ini teman yang cocok bagi Orang tua untuk memberi penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak.

Ketika anak telah memahami tentang cuaca, hujan, dan dampaknya bagi kesehatan, Orang tua tidak perlu lagi marah-marah untuk melarangnya. Orang tua hanya perlu menanyakan pada anak, “yakin adik mau main di luar? Mendung loh”, dan anak dengan sendirinya akan berpikir tentang keputusannya.

Yuk, segera dapatkan buku See Inside – Iklim dan Cuaca dari Erlangga For Kids ini, di toko-toko buku  terdekat atau kunjungi www.bukuerlangga.com  untuk melakukan pemesanan online.