Permainan Tradisional Membuat Anak Sehat


permainan tradisional 2

Anak dan bermain merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Hampir sepanjang waktu mereka diisi dengan bermain, baik permainan yang menggunakan alat maupun tidak. Si anak juga bisa menggunakan tubuhnya sendiri sebagai alat bermain untuk berlari, meloncat, merangkak, dan sebagainya. Pun tidak ada tempat yang tidak bisa dijadikan tempat bermain baginya, entah itu indoor/outdoor.

Bagi anak-anak, akivitas bermain merupakan kegiatan bersenang-senang yang terjadi secara alamiah. Mereka melakukannya dengan sukarela tanpa adanya unsur paksaan dari luar. Dengan bermain mereka akan mendapatkan kesenangan, kenikmatan, pengetahuan, imajinasi, dan motivasi bersosialisasi dengan orang lain. Karena sejatinya, bermain bagi anakĀ  bukan hanya sebatas pemuas kesenangan, melainkan juga untuk merangsang respon anak terhadap sesuatu. Respon inilah yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak, terutama dalam perkembangan motorik, bahasa, sosial, kognitif, dan emosional.

Eksiklopedia Permainan Tradisional Anak Indonesia kini hadir untuk membantu anak-anak mengenal beragam permainan tradisional khas anak-anak Indonesia. Beragam permainan tradisional seperti engklek, petak umpet, balap karung, dan gobok, adalah jenis-jenis permainan yang mendukung pertumbuhan kecerdasan kinestetik anak. Anak diharuskan untuk aktif bergerak dan berpikir, karena permainan ini sangat mengandalkan gerak tubuh dan ketangkasan.

Permainan-permainan tradisional ini akan mengasah ketangkasan, keseimbangan, dan koordinasi otot-otot tubuh dan kaki anak, serta sangat baik bagi proses metabolisme tubuh dan dapat membantu membakar kalori dalam tubuh anak. Jadi, sama halnya dengan berolahraga, permainan-permainan ini sangat baik bagi kesehatan tubuh anak.

Yuk, segera kenalkan anak dengan beragam permainan tradisional melalui buku Eksiklopedia Permainan Tradisional Anak Indonesia dari Penerbit Erlangga. Anda bisa mendapatkannya di toko buku terdekat atau melalui www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.