Mengapa Mengajarkan Permainan Tradisional Baik untuk Anak


permainan tradisional

Bermain adalah awal timbulnya kreativitas, karena bermain memberikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan dorongan-dorongan kreatifnya. Juga kesempatan untuk merasakan objek-objek dan tantangan untuk menemukan sesuatu dengan cara yang baru.

Bagi anak, kegiatan bermain bukan sekadar pengisi waktu luang, melainkan juga sebuah kebutuhan. Namun, dewasa ini telah muncul kecenderungan waktu dan media bermain anak telah tergantikan oleh kecanggihan teknologi. Anak-anak lebih meminati permainan berbasis gawai yang notabene-nya lebih canggih dan  praktis jika dibandingkan dengan permainan tradisional.

Padahal, dengan permainan tradisional, anak-anak dapat berkembang untuk menemukan dan mengembangkan potensi dirinya. Mereka akan belajar taktik, strategi, kekuatan fisik, kemampuan bersosialisasi, kemampuan menjalankan ide, sekaligus berlatih ketahanan mental. Singkatnya, dengan permainan tradisional anak-anak akan mendapatkan manfaat tidak hanya yang bersifat fisik, tapi juga secara intelektual, psikologis, dan sosial.

Melalui Eksiklopedia Permainan Tradisional Anak Indonesia, anak-anak akan belajar untuk mengenal berbagai permainan tradisional khas anak-anak Indonesia yang kini telah semakin hilang tergerus oleh kecanggihan zaman. Hadirnya buku ini di tengah-tengah kehidupan anak-anak modern, juga akan membantu Anda untuk meneruskan warisan budaya pada generasi selanjutnya. Agar anak-anak di zaman ini juga dapat berkembang secara optimal, dan menjadi anak yang cerdas tidak hanya secara intelektual, tapi juga secara fisik, mental, dan sosial.

Anda bisa mendapatkan buku Ensiklopedia Permainan Tradisional Anak Indonesia dari Penerbit Erlangga di toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.