menggambar

Tips Mengajari Anak Cara Menggunting dan Menempel

menggambar

Salah satu cara untuk mengasah kemampuan motorik halus anak usia dini adalah dengan cara menggunting dan menempel. Dalam proses menggunting, kekuatan otot tangan dan jari-jari anak akan dilatih untuk mengikuti berbagai pola yang harus disesuaikan dengan tahap perkembangan usianya. Karena pada dasarnya, menggunting dan menempel merupakan sebuah proses mempersiapkan anak usia dini untuk menuju tahap pendidikan selanjutnya, yaitu menulis. Untuk bisa menulis, dibutuhkan kekuatan otot-otot jari dan koordinasi mata dan tangan yang bisa dilatih melalui proses menggunting ini.

Berikut beberapa tips mengajari anak cara menggunting dan menempel yang bisa Bunda terapkan.

  1. Pilihlah gunting khusus anak yang terbuat dari plastik agar tidak membahayakan bagi anak, serta ajari anak cara memegang gunting yang benar. Jelaskan jari mana yang harus masuk ke lubang bagian bawah dan jari yang harus masuk ke lubang bagian atas. Lalu praktekkan cara menggunting dengan belajar menggerak-gerakkan jari tangan dari atas ke bawah. Usahakan pada proses ini Anda juga turut memegang gunting dan ikut mempraktekkannya.
  2. Menyiapkan kertas yang akan digunting. Anda bisa menyediakan kertas polos atau kertas yang tidak berpola, kertas dengan pola garis sejajar, kertas dengan garis zig-zag, kertas dengan pola garis lengkung, kertas dengan pola lingkaran, dan kertas dengan pola-pola tertentu. Mulailah dengan menggunting bebas. Baru setelah anak mampu melakukannya, Anda bisa meningkatkan kemampuannya dengan mencoba hal-hal yang lebih sulit,
  3. Latih anak untuk bersabar dan konsentrasi. Biasanya, di awal-awal menggunting, anak akan cenderung tidak sabar dan terkadang langsung menarik kertas hingga sobek. Jelaskan dan ajarkan pada anak bahwa jika kita memotong kertas dengan gunting yang benar maka hasilnya akan jauh lebih bagus.
  4. Jelaskan juga pada anak tentang kertas-kertas yang boleh dan bisa ia gunting, seperti kertas tidak terpakai atau buku-buku yang memang diperuntukkan untuk aktifitas gunting menggunting. Karena biasanya, ketika kreativitas dan semangat untuk menggunting anak tengah menggebu, anak bisa menggunting apa saja yang ia temukan.
  5. Untuk mengajari anak menempel, berikan contoh cara membuka stiker dan cara menempelkannya.
  6. Apresiasi hasil anak. Bila anak telah sukses menyelesaikan latihannya, berikan apresiasi berupa pujian yang sewajarnya. Namun, jika hasilnya belum terlalu memuaskan, jangan berikan komentar negatif, tetap arahkan anak untuk melatih kemampuannya.

Demikian beberapa tips mengajari anak cara menggunting dan menempel. Untuk menerapkan latihan menggunting dan menempel, buku seri Hello Kitty: Gunting dan Tempel Bersama Hello Kitty, bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Bunda. Dilengkapi dengan gambar dan warna yang menarik, serta karakter Hello Kitty yang disukai oleh anak, dijamin proses belajar menggunting dan menempel akan menjadi lebih menyenangkan.

Bunda bisa mendapatkan buku seri Hello Kitty: Gunting dan Tempel Bersama Hello Kitty di toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *