Seri Lingkungan Sehat - Sekolah Tua di Tengah kota

Mengajarkan Anak Menjaga Kebersihan Sekolah

Seri Lingkungan Sehat - Sekolah Tua di Tengah kota

“Kebersihan Sebagian dari Iman”, begitulah pepatah mengatakan. Bahkan, tidak jarang ungkapan ini digunakan sebagai slogan di sekolah-sekolah guna menarik perhatian siswa agar turut ambil peran dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan sekolah. Ya, kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Karena hal tersebut merupakan salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses belajar mengajar.

Sayangnya, selama ini, edukasi kesehatan dan kebersihan di sekolah, masih sebatas pada upaya memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa. Anak-anak memang sudah mengetahui apa itu kebersihan lingkungan, mengapa harus menjaganya, dan lain-lain. Namun, mereka masih minim praktik menjaga kebersihan secara langsung. Karenanya, penting bagi sekolah, beserta seluruh civitas akademika-nya untuk mengajarkan serta menanamkan pola hidup sehat dan peduli lingkungan pada anak didik.

Untuk mengajarkan anak menjaga kebersihan sekolah, tentu tidak dengan cara memberi teori atau ceramah, melainkan melalui pemberian contoh atau teladan, serta harus didukung oleh budaya sekolah yang kondusif serta mendukung gerakan peduli lingkungan. Misalnya, melalui penerapan pembiasaan jadwal piket harian, penyediaan tong-tong atau tempat sampah yang memadai dan tersebar di seluruh lingkungan sekolah, kegiatan jumat bersih, kegiatan menanam pohon atau tumbuhan di lingkungan sekolah, serta kegiatan-kegiatan peduli lingkungan lainnya. Melalui pembiasaan dan kegiatan-kegiatan ini, anak akan dilatih untuk memiliki tanggung jawab menjaga kebersihan kelas dan sekolahnya.

Sedangkan untuk pengetahuan dan bekal teori tentang lingkungan, Anda bisa menggunakan buku-buku bertema lingkungan untuk mengedukasi siswa didik agar lebih paham tentang apa itu lingkungan, dan segala seluk beluknya. Salah satu buku yang bisa Anda gunakan guna menunjang pembelajaran dan penanaman nilai-nilai peduli lingkungan pada anak didik, adalah buku seri Lingkungan Sehat – Sekolah Tua di Tengah Hutan dari Erlangga For Kids. Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar-gambar yang menarik ini, cocok untuk mendampingi anak belajar perihal kebersihan lingkungan sekolah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *