anak menjaga lingkungan

Mengajarkan Anak Cara Menjaga Lingkungan

anak menjaga lingkungan

Mengajari anak untuk peduli terhadap lingkungan memang bukan sebuah perkara yang mudah. Dibutuhkan cara-cara khusus agar edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan, tidak hanya sebatas memindahkan pengetahuan dari orang dewasa pada anak. Karena yang diharapkan, anak tidak hanya sekadar paham apa itu lingkungan, dan kenapa harus menjaga lingkungan. Tapi, mereka juga mampu melakukan aktivitas-aktivitas peduli lingkungan.

Mengajari anak untuk turut berperan dalam melestarikan lingkungan memang tidak cukup dengan teori semata, yang paling penting adalah contoh konkret tindakan pelestarian lingkungan. Hal ini bisa Anda tanamkan melalui kegiatan sehari-hari, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Anda bisa membawa anak menyusuri lingkungan sekitar dan memberi pengertian bahwa tumpukan sampah yang ada di sungai, selokan, atau di tempat-tempat lain bisa menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Cara lain yang bisa Anda ajarkan pada anak, sebagai proses untuk menjaga lingkungan adalah menanam pohon serta membersihkan lingkungan sekitar. Beri penjelasan pada anak, terkait pentingnya keberadaan pepohonan. Bahwa pepohonan ini yang akan melindungi tanah tempat tinggal agar terhindar dari tanah longsor, banjir dan lain-lain. Karenanya, jangan pernah menebang pepohonan karena itu bisa merugikan semua makhluk hidup, termasuk manusia.

Mengedukasi anak untuk menjaga lingkungan, juga bisa Anda lakukan melalui buku. Anda bisa membelikannya buku cerita bergambar yang bisa membantu Anda untuk menjelaskan pada anak segala hal yang berhubungan dengan lingkungan dan bagaimana cara untuk menjaganya. Salah satu buku yang recommended untuk Anda gunakan adalah buku seri Lingkungan Sehat – Sekolah Tua di Tengah Hutan dari Erlangga For Kids.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *