hewan noktural

Hewan Noktural, Apa itu?

hewan noktural

“Mama, itu hewan apa? Kok adanya malam hari aja? Mereka nggak tidur?”

Pertanyaan-pertanyaan cerdas nan kritis, memang acapkali terlontar dari anak-anak. Utamanya berkenaan dengan hal di sekeliling mereka, dan menarik perhatian mereka. Hal ini wajar, mengingat masa ini merupakan masa di mana rasa ingin tahu anak memang sangat tinggi.

Mengenalkan alam dan lingkungan sekitar memang sebuah proses yang harus diterapkan oleh para orang tua kepada anak, khususnya kepada anak usia dini. Di masa ini anak sudah mulai diperkenalkan dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Termasuk salah satunya dengan tumbuhan dan hewan.   Pengenalan ini selain bertujuan untuk memperkaya wawasan anak tentang alam dan lingkungannya, juga bertujuan untuk membentuk karakter anak agar lebih peduli terhadap alam dan segala isinya.

Pengenalan tentang alam dan segala isinya ini, bisa Anda mulai sejak anak berusia 1 tahun. Anda sudah bisa memulainya dengan memperkenalkan bentuk dan jenis-jenis binatang melalui gambar atau poster. Baru setelah itu, dalam perkembangan usia selanjutnya, Anda bisa mulai membelikannya buku cerita atau mainan yang berbentuk hewan. Setelah itu, baru Anda bisa menjelaskan lebih lanjut tentang binatang tersebut. Anda bisa bercerita tentang buas atau tidaknya hewan tersebut, apa makanannya, habitatnya di mana, dan hal-hal menarik dan penting lainnya.

Terkait dengan jenis-jenis binatang, setelah anak paham tentang binatang yang sering ditemuinya, seperti hewan mamalia, unggas, dan reptil, Anda juga harus menjelaskan tentang hewan noktural. Hewan noktural memang tidak sepopuler hewan lain, yang sering dilihat atau dikenalkan pada anak. Bahkan bisa jadi, hewan ini tergolong hewan yang menakutkan bagi anak karena waktu aktifnya yang berada di tengah pekatnya malam.

Tapi, bukan berarti anak tidak perlu tahu. Pada akhirnya, anak akan bertanya, terlebih jika mereka sempat melihatnya secara langsung. Pertanyaan seperti di atas, atau “kelelawar kok adanya cuma malam hari aja, Ma?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya bisa jadi akan sangat menghantui pikiran mereka.

Nah, untuk menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu hewan noktural, dan bagaimana mereka hidup, Anda bisa menggunakan buku Kisah si Pemberani – Olli si Penakut, sebagai media untuk menjelaskannya pada anak. Dalam buku ini dijelaskan tentang apa itu hewan noktural, bagaimana pola hidupnya, serta bagaimana sistem organnya. Tidak hanya dijelaskan secara detail dan runtut, tapi juga disertai dengan gambar dan ilustrasi yang menarik.

Yuk segera dapatkan buku Kisah si Pemberani – Olli si Penakut dari Erlangga for Kids di took buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *