anak-sakit

Anak Sakit, Harus Bagaimana?

anak-sakit

Anak sakit, mengalami luka, atau dalam keadaan darurat memang umum terjadi di masa kanak-kanak. Karena bagaimanapun hati-hatinya Anda, kecelakaan dan gangguan kesehatan bisa saja terjadi. Faktanya, lebih dari lima juta luka dan keracunan setiap tahun terjadi pada anak-anak berusia di bawah 12 tahun.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan bahaya-bahaya potensial, mulai dari mengawasi anak hingga siap siaga dengan aneka perangkat pertolongan pertama. Berikut gambaran bagaimana mengatasi masalah yang paling umum atau yang sering terjadi selama masa kanak-kanak dan membutuhkan perawatan darurat.

  • Nyeri Perut
    Nyeri atau sakit perut merupakan salah satu keluhan yang paling sering muncul meski tidak mengindikasikan suatu penyakit serius. Jika sakit berlangsung kurang dari satu jam dan tidak parah, biasanya nyeri tersebut berhubungan dengan kondisi seperti viral gastroenteritis (flu perut) dan bukan pertanda penyakit yang serius. Tetapi apabila sakit perut disertai dengan gejala-gejala lain seperti kerewelan, anak menjadi lesu, tinja yang seperti jelly, hilangnya nafsu makan, atau perut yang membengkak, maka Anda harus segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Reaksi Alergi
    Reaksi alergi disebakan oleh respon berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap alergen. Alergen sendiri bisa berupa debu, makanan, gigitan serangga, obat-obatan atau bahan kimia. Jika anak Anda mengalaminya, maka jauhkan anak Anda dari alergen yang mengganggu. Jika alergen berupa bahan kimia atau atau alergen melalui udara lainnya, jauhkan anak Anda ke suatu tempat dengan ventilasi yang bagus. Jika Anda memiliki obat darurat untuk alergi, pastikan untuk segera memberikannya.
  • Masalah-masalah pernapasan
    Masalah-masalah pernapasan yang sering dialami oleh anak-anak antara lain, asma dan alergi, batuk, apnea, bronkitis, radang paru-paru, dan gangguang pernapasan lainnya. Jika anak Anda menunjukkan tanda atau gejala kesulitan bernapas, segera hubungi dokter atau bawa anak ke unit gawat darurat untuk mendapatkan pertolongan pertama.
  • Sakit Panas (Heat Cramps, Heat Exhaustion, Heatstroke)
    Berhadapan dengan kondisi panas berlebihan, dapat menimbulkan gejala-gejala mulai dari yang relatif ringan hingga yang mengancam nyawa. Bentuk-bentuk sakit panas yang lebih serius dapat dihindari dengan strategi pencegahan umum seperti memberikan baju-baju tipis, Melonggarkan atau bahkan melepas pakaiannya, pastikan anak minum cukup cairan, usap atau kompres seluruh badan anak dengan air dingin, dan urut otot yang kejang. Jika gejala terus berlanjut, segera hubungi dokter untuk saran dan pemeriksaan lebih lanjut.

Seri buku Anak Sehat dari Erlangga For Kids akan menjadi teman yang cocok bagi para orang tua dan guru agar bisa lebih mengenal dan paham tentang kesehatan anak. Anda bisa mendapatkan buku seri Anak sehat tersebut di toko buku terdekat, atau kunjungi www.Bukuerlangga.com untuk pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *