anak marah

Menangani Emosi Negatif Anak

anak marah

Emosi negatif berkembang dan terbentuk dari hubungan sosial dalam rumah yang penuh dengan ketidakharmonisan, dan bahkan kekerasan. Lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat yang penuh dengan kekerasan juga turut mempengaruhi terbentuknya emosi negatif pada anak.

Emosi-emosi negatif ini akan mempengaruhi temperamen sehingga anak akan mudah marah, kemampuan berpikir yang menurun, keterlibatan dalam kenakalan dan kekerasan, serta rendahnya kepedulian untuk menyelesaikan masalah. Gangguan emosi negatif pada anak ini juga erat kaitannya dengan berbagai bentuk perilaku dan masalah perkembangan. Seperti hiperaktif, depresi, kesulitan belajar, dan impulsive.

Karenanya, dibutuhkan intervensi orang tua dan orang dewasa di sekitar anak (lingkungan pendidikan dan masyarakat) secara dini agar gangguan emosi negatif ini dapat diatasi dan tidak berkembang lebih jauh. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Anak perlu diajarkan tentang pengenalan emosi, pengendalian amarah, dan penyelesaian masalah dengan cara konseling, latihan-latihan mengenai keterampilan sosial, dan membangun hubungan interaksi dengan orang lain secara positif.
  • Sekolah perlu mendatangkan tenaga-tenaga ahli yang dapat membangkitkan motivasi dan cara pendidikan yang tepat bagi orang tua murid. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi orang tua untuk meningkatkan efektivitas strategi keluarga dalam mengantisipasi terbentuknya emosi negatif pada anak.
  • Kurangi kesalahan-kesalahan dalam mendidik, seperti memberi hukuman fisik, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk mengontrol perilaku anak. Sebaliknya, perbaiki cara mendidik dan mengajar para orang tua dan guru.
  • Ajak anak untuk belajar berbagai permasalahn sosial dan penerapan EQ (kecerdasan emosional) terutama pada keahlian interpersonal. Untuk pembelajaran pengenalan dan pengembangan emosi, Anda bisa menggunakan buku seri pengembangan emosi – ketika papa kehilangan pekerjaan dari Erlangga For Kids. Dengan buku ini, anak diajak untuk belajar menghadapi kondisi-kondisi tertentu yang terkadang tidak diinginkan, serta bagaimana caranya mengatur emosi dan perasaan anak.

Anda bisa mendapatkan buku seri pengembangan emosi – ketika papa kehilangan pekerjaan dari Erlangga For Kids ini di toko-toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.co.m untuk pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *