albert-einstein

Mengapa Anak Harus Mengenal Tokoh Sains?

albert-einstein

Bagi orang dewasa, mengenal tokoh sains seperti Galileo Galilei atau Einstein adalah suatu hal yang biasa. Tapi, bagi anak, apa itu perlu? Tidakkah terlalu dini untuk mengenalkan anak dengan tokoh-tokoh dunia sekaliber mereka? Belajar sejarah kan cenderung membosankan, apalagi bagi anak.

Sebagian besar dari kita mungkin masih akan berpendapat kurang lebih serupa dengan pendapat tersebut. Bahwa belum saatnya anak mengenal tokoh-tokoh sains, atau bahkan kita tidak perlu mengenalkannya karena itu menjadi tugas sekolah.

“Nanti saja mereka belajar itu di sekolah”

Tahukah anda, bahwa mengenalkan anak pada tokoh-tokoh sains akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kognitif, psikologis, dan karakter anak?

Karena melalui pengenalan inilah kita bisa menjelaskan pada anak bahwa ilmu pengetahuan dengan segala kemajuan dan teknologinya saat ini, dulunya dikembangkan oleh para ilmuwan atas dasar hobi. Yang kemudian dikembangkan melalui kegiatan akademik dan penelitian ilmiah. Kita bisa menanamkan dalam diri mereka bahwa semua yang ada di dunia ini tidak bisa berlangsung secara mendadak atau instan, tapi harus melalui proses yang bertahap. Bahkan terkadang harus terlebih dulu gagal, dan itu wajar. Yang terpenting adalah berani mencoba, tak perlu takut gagal, mencoba, dan mencoba lagi.

Mengenalkan mereka pada sejarah ilmu pengetahuan, pada dasarnya kita juga mengajak mereka untuk mengetahui  beragam cara yang dilakukan oleh para tokoh dunia dalam bereksperimen sampai akhirnya meraih kesuksesan. Bukankah eksperimen adalah pintu paling asyik bagi anak untuk memasuki dunia sains?

Buku Sains Bergambar Junior dari Erlangga For Kids ini adalah pendamping yang cocok bagi Bunda untuk mengenalkan dunia sains dan para tokohnya pada anak. Jika anak telah tertarik untuk melakukan hal yang serupa dengan para tokoh yaitu bereksperimen –meski sederhana-, ia akan tumbuh menjadi memori masa kecil yang menyenangkan. Nantinya, dalam benak mereka juga akan tumbuh persepsi bahwa sains itu menyenangkan.

Jadi, tunggu apalagi, Bunda? Yuk, segera dapatkan buku Sains Bergambar Junior ini di toko-toko buku terdekat atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *