eksperimen-anak

Bereksperimen Bersama Anak

eksperimen-anak

Sejatinya, kehidupan anak tidak pernah lepas dari kreativitas, aktivitas sosial, dan dunia sains. Keterampilan terhadap ketiganya, hendaknya dilakukan secara sederhana dan dekat dengan dunia mereka, yaitu melalui bermain. Terkait dengan dunia sains, kita sebagai orang dewasa di sekitar anak (Orang tua/Guru) hendaknya mampu menstimulasi daya tarik, daya pikir, dan daya imajinasi mereka melalui berbagai kegiatan yang menarik.

Melalui kegiatan menarik seperti bermain inilah kita bisa mengajak anak untuk memahami fakta serta konsep sederhana yang berkenaan dengan dunia sains. Misalnya, ketika anak sedang berenang atau bermain air kita bisa menjelaskan pada mereka tentang sifat-sifat air, air yang mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, air yang bisa menempati ruang, serta tentang benda-benda yang melayang, terapung, dan tenggelam di air.

Kita juga bisa mengajak anak untuk melakukan percobaan-percobaan sederhana. Seperti menanam biji, yang kemudian sebagian disiram dengan air dan sebagiannya lagi tidak. Dari percobaan sederhana ini anak belajar tentang pertumbuhan dan kebutuhan akan air. Kita juga bisa melakukan percobaaan sains yang berkenaan dengan bunyi, udara, cahaya, warna, dan hal-hal menarik lainnya.

Buku Sains Bergambar Junior dari Erlangga For Kids ini sangat cocok untuk menjadi pendamping dalam proses mengenalkan anak dengan dunia sains. Dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik akan memudahkan anak untuk memahami obyek yang sesungguhnya tentang benda-benda atau gejala alam. Melalui percobaan atau eksperimen ini anak akan belajar untuk menghubungkan sebab-akibat dari suatu perlakuan, sehingga anak akan berlatih untuk berpikir logis dan rasional. Dengan melatih anak bereksperimen, sebenarnya kita juga tengah mendorong mereka untuk berani mencoba. Sebuah sikap mental yang kelak bisa mengantarkan mereka menjadi pribadi yang berani mengambil risiko, sang pembuka jalan, atau bahkan mampu mencatat sejarah.

Masih ragu untuk mengajak anak bereksperimen?

Yuk, Segera dapatkan buku Sains Bergambar Junior ini di toko-toko buku terdekat atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *