angka-anak

Bagaimana Cara Mengenalkan Angka pada Anak

angka-anak

Beberapa waktu terakhir, ramai diperbincangan tentang polemik pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung (Calistung) yang terlalu dini pada anak. Lalu, muncul banyak pertanyaan, seperti “Sejak umur berapa seharusnya anak belajar huruf dan angka?”

Sebenarnya, mengenalkan angka pada anak sejak batita tidak sepenuhnya salah, asalkan Anda bisa mengemasnya melalui aktivitas-aktivitas yang menarik, serta tidak memaksakan kemampuan anak. Karena jika itu terjadi, itu akan meninggalkan depresi pada anak yang bisa menimbulkan rasa traumatis terhadap proses pembelajaran.

Karenanya, sebelum mengenalkan anak dengan angka dan huruf, ada baiknya jika Anda telah mengenali cara berpikir yang dominan pada anak, agar nantinya cara belajar yang Anda terapkan bisa berjalan secara efektif. Cara berpikir ini dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

  • Visual Learner
    Anak tipe ini adalah anak yang cepat memahami sesuatu dengan cara visual, seperti gambar atau simbol-simbol yang menarik. Untuk mengenalkan anak tipe ini pada Angka, Anda bisa menggunakan poster, kartu angka/alfabet, buku angka warna-warni, magnet angka yang bisa ditempel di whiteboard atau kulkas, atau spon angka yang bisa ditempel di kamar mandi.
    Untuk membantunya menghafal, ajari anak tiga angka pertama terlebih dulu, ulangi selama beberapa hari. Jika anak telah mampu mengingat dan mengenal angka-angka tersebut, Anda bisa melanjutkannya pada angka berikutnya. Sesekali bertanyalah pada mereka, “ini angka berapa ya?”.
  • Visual Learner
    Sedangkan untuk anak tipe ini, anak lebih memahami segala sesuatu yang disampaikan dengan kalimat yang jelas, lantang, dan berulang. Anak lebih mengenal angka melalui cara mengucapkannya (apa yang ia dengar). Karenanya, anak dengan tipe ini akan lebih mudah belajar mengenal angka melalui lagu, video interaktif, atau segala sesuatu yang bisa ia dengar.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pembagian tipe cara berpikir tersebut bukan berarti mengkotak-kotakkan kemampuan anak. Semua anak memiliki dua kemampuan cara berpikir tersebut, hanya saja pasti ada salah satu yang lebih dominan.

Buku Hello Kitty – Pintar Berhitung Bersama Hello kitty juga bisa menjadi media untuk membantu Anda mengenalkan angka pada anak. Dengan karakter hello kitty yang disukai oleh anak-anak, serta dengan gambar-gambar yang menarik dan penuh warna, buku ini memang dikemas agar mampu menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak.
Anda bisa mendapatkan buku Hello Kitty – Pintar Berhitung Bersama Hello kitty dari Erlangga For Kids di toko-toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *