cinta-baca

Menumbuhkan Cinta Buku Sejak Dini

cinta-baca

Memiliki kegemaran membaca dan mencintai buku, tentu tidak akan pernah muncul begitu saja jika tidak ditanamkan. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menanamkan cinta membaca pada anak-anak. Salah satunya dengan membacakan cerita sebelum tidur. Membacakan buku cerita kepada anak-anak tidak saja untuk memelihara hubungan yang erat dengan mereka. Melainkan juga untuk memperluas ketertarikan mereka  pada membaca.

Cara lain, ajari anak mengenal isi dari sebuah buku dengan melihat gambar-gambarnya. Biarkan anak membuat cerita sendiri dari gambar yang dilihatnya di buku. Cara ini selain bisa menumbuhkan kecintaan anak pada buku, juga bisa mengembangkan imajinasinya.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih buku untuk anak usia dini, karena buku juga akan menentukan apakah anak akan menjadi suka membaca atau tidak. Pertama, untuk anak usia dini, pilihlah buku dengan gambar dan warna yang menarik. Kedua, pilih buku dengan tulisan yang pendek-pendek dan hurufnya pun agak besar. Ketiga, pilihlah buku yang tidak mudah robek dan kusut, Sebaiknya pilihlah buku yang kertasnya agak tebal dan tidak mudah rusak. Karena pada umumnya gerakan anak usia dini masih sangat kasar sehingga ada kemungkinan buku tidak hanya dibaca tetapi juga dibanting, diduduki, diremas, bahkan dirobek atau basah karena makanan dan minuman.

Paket Literasi Erlangga For Kids ini sangat cocok untuk menjadi teman anak dalam proses menumbuhkan minat dan cinta anak terhadap buku. Tema cerita yang diangkat pun sangat dekat dan disukai oleh anak-anak, yaitu tentang kehidupan seorang putri dan cerita tentang hewan/binatang. Hal ini sangat penting mengingat untuk menumbuhkan minat baca anak dibutuhkan cara yang pas dan sesuai dengan ritme dan kesukaan anak. Jika anak menyukai dunia hewan, maka kenalkan anak terlebih dulu dengan buku-buku bertema hewan. Baru setelah itu dengan buku-buku dengan tema lain.

Anda bisa mendapatkan Paket Literasi Erlangga For Kids di toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk melakukan pemesanan online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *